Api Berkobar di Lapas Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Kebakarana bisa terjadi kapan saja dan hal ini sangat disadari oleh pihak Lapas Kelas II A Kuningan. Untuk itu mereka menggadeng UPT Damkar Kuningan untuk melakukan simulas pada Selasa (25/11/2019).

Simulasi bukan dilakukan di dalam ruangan tapi juga diluar ruang. Bahkan Kalapas Kuningan Samsul Hidayat terlibat langsung dalam simulasi tersebut.

Para petugas Lapas pun oleh pihak Damkar diberikan contoh untuk menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan juga cara memadamkan api ketika terhadi kobaran api. Mereka dituntut agar tidak panik ketika api besar.

Simulasi pun berhasil dilakukan dan para petugas pun senang dengan kegiatan ini. Pasalnya, antisipasi diperlukan agar ketika tejadi musibah sudah siap mengantipasi.

Sementara itu, Kalapas Kuningan Samsul Hidayat mengatakan, Kegiatan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin Pegawai berkolaborasi dengan UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan melalui Simulasi Pencegahan/Penanganan Kebakaran. Kegiatan ini merupakan kali pertama.

“Akan digelar dua kali yakni Selasa dan satu kali lagi Kamis. Kami ingin para pegawai Lapas menguasai sehingga ketika terjadi kebakaran sudah bisa melakukan tindakan pertolongan pertama,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti menyebutkan, kegiatan simulasi akan digelar dua kali. Pihaknya berharap simulasi ini ditiru oleh instansi lain.

“Musibah bisa datang kapan saja dan dengan simulasi kita bisa melakukan langkah pertama karena sudah berlajar,” jelasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com