Ketika yang Lain Siap-siap ke Masjid, 2 Warga Desa Kalapagunung Justru Curi Kabel Telkom

KUNINGAN (MASS)  – Bagi pencuri mencari waktu yang tepat adalah hal penting dalam menjalankan aksinya, karena selain aksinya bakal mulus justru tidak akan membuat banyak pihak curiga.

Hal ini yang dilakukan   dua orang warga Dusun Kliwon, Desa Kalapagunung, Kecamatan Karamatmulya ketika mencuri  kabel milik Telkom Kuningan. Kabel udara sepanjang 200 meter mereka curi tanggal 24 September pada menjelang magrib  atau sekitar jam 17.30 WIB  di Dusun Pahing RT 004/001 Desa Babatan Kecamatna Kadugede.

Meski awalnya aksi mereka berjalan mulus, namun begitu aparta kepelolsian mendapatkan laporan dari karyawan Telkom, maka mereka berdua yang ternyata banyak tato diseluruh badanya itu berhasil diringkus anggota Reskrim Kuningan.

Dua tersangka itu adalah  DM (39 tahun) dan YA (22 tahun), keduanya yang merupakan paman dan keponakan. Dalam menjalankan aksinya mereka menggunakan seragam Telkom yang dibeli via online.

“Kabel yang dicuri itu senilai Rp30 juta. Akibat perbuatan pelaku bukan hanya Telkom yang dirugikan tapi juga ribuan pelanggan karena akses internetnya terganggu,” ujar Wakapolres Kuningan  Kompol Hilman Muslim  yang didampingi Kasat Reskrim, AKP Reza Fahlevi  kepada wartwan pada konperensi pers, Kamis (10/10/2019) di Mapolres Kuningan.

Diterangkan, pelaku menggunakan seragam Telkom agar tidak dicuriga banyak orang dan menjelang magrib agar mudah diangkut dan benar saja mereka berhasil meski pada ada akhirnya harus meringkuk di tahnan karena Polisi berhasil mengungkapnya.

Hilamn mengatakan, modus operandi yang dilakukan  dengan cara memanjat tiang kabel PT Telkom, lalu memotong Kabel Udara (KU) Kapasitas 100 Pair, sekira 200 meter dengan menggunakan gergaji.

Setelah  itu, kabel tersebut dipotong menjadi tujuh bagian yang masing-masing diikat dengan menggunakan tali rafia sampai akhirnya ketika melakukan pebuatan tersebut diketahui oleh petugas jaga PT Telkom. Petugas bergerak setelah mendapatkan laporan.

Mengenai barang bukti yang diamankan , Wakapolres menyebuktan, selain  barang bukti berupa 7 gulung Kabel Udara (KU) Kapasitas 100 Pair sepanjang 200 meter, juga ada tas warna cokelat muda, gergaji besi, tang potong, pisau cutter, 2 unit HP merk Nokia dan OPPO, baju kemeja  putih bertuliskan Indihome Fiber, topi loreng hitam putih, 1 gulung tali rafia, 1 unit sepeda motor.

“Atas perbuata itu, kedua tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, ” ujarnya.

Dua tersangka sendiri ketika akan diangkut ke mobil tahanan terlihat banyak tato terutama di bagian kaki. Banyaknya pencurian kabel Telkom karena nilai jualnya yang cukup mahal. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com