Jerami Padi Dibakar, 6 Kambing Terpanggang

KUNINGAN (MASS)- Entah berapa ratus kali imbauan dari UPT Damkar agar warga tidak membakar lahan sembarang karena berbahaya. Imbauan itu tidak digubris dan benar saja terjadi musibah  pada Rabu (28/8/2019) jam 11.30 WIB di Dusun 2 RT 01/04 Desa Sukadana Kecamatan Cibeureum.

Akibat membakar jerami padi, api ternyata merembet ke kandang kambing milik Iip (38).   Karena besarnya hembusan api kandang kambing berukuran 5 X 3 meter itu langsung terbakar hebat.

Meski api mampu dipadamkan oleh warga pada jam 13.49 WIB. Namun, enam ekor kambing yang ada di dalam kandang ikut terpanggang, sehingga Iip harus menunggu kerugian belasan juta.

Menurut Plt Kepaa UPT Damkar Kuningan Khadapi Mufti MSi, dari saksi dua orang yang bernama Sesil (28) dan Nunung (30) kejadian berawal dari lahan sawah yang berada di sebelah utara kandang kambing. Pada saat itu dilakukan pembakaran jerami.

Karena angin sangat kencang, pada pukul 11.30 WIB  api  merembet ke kandang kambing . Api baru bisa dipadamkan oleh warga masyarakat dan aparat pemerintahan desa setempat sekitar pada pukul 12.15 wib (+- 55 menit) dengan menggunakan peralatan seadanya.

“Baru lapor ke Damkar  pada pukul 13.49 WIB dan kami mengirim 2 anggota Untuk melakukan identifikasi dan pendataan penyebab terjadinya kebakaran,'” jelas Khadafi.

Mengenai taksiran kerugian mencapai , lanjut dia, Rp13,5 juta dengan rincian  kandang kambing dengan luas +- 15 m2 x @ Rp.100.000/m2 = Rp1,5 juta,  6 Ekor kambing yang terbakar Rp12 juta. Untungnya tidak merembet ke permukima warga.(agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com