Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Panglong Kayu Terbakar, Petugas Butuh Waktu 1,5 Jam Padamkan Api

KUNINGAN (MASS) – Petugas Damkar Kuningan, Rabu (1/7/2020) malam dibuat kerja keras. Pasanya, jam 21.20 WIB terjadi kebakaran di bangunan pabrik pengolahan kayu (Panglong kayu) PD Mustikan Jati milik H Eyo Sukarya (70).

Lokasi kebakaran  terletak di Blok Cantilan Desa Bandorasa Wetan Kecamatan Cilimus. Sedangkan pemilik tinggal di   Desa Cilimus RT 02/ RW 04 di kecamatan yang sama.

Untuk memadamkan kobaran api yang diduga awalnya dari puntung rokok itu, petugas yang dibantu warga butuh waktu sekitra 1,5 jam.

Sehingga jumlah kerugian tidak terlalu besar. Andai terlambat makan kerugian akan sangat banyak.

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti, api pertama kali diketahui oleh Apip Jatnika Anggota Satpol PP Kecamatan Cilimus yang tengah melintas di lokasi kejadian. Ia melihat adanya api dari dalam bangunan .

Tanpa menunggu lama lanjut ia,  Apip kemudian mencoba untuk melakukan pemadaman, ternyata posisi pabrik terkunci dan segera meminta bantuan kepada satpam di Hotel Mutiara dan bebrapa warga sekitar.

Dikatakan, warga terpaksa membuka paksa pintu gerbang dan pada pukul 21. 30 WIB Apip  melaporkan kejadian kebakaran ke kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kab Kuningan melalui telepon (0232) 871113.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tiba  pada pukul 21.35 WIB , 1 Randis Damkar dan 5 anggota Damkar berangkat menuju TKP, dan tiba di TKP Pukul 21.45 WIB (+-10 Menit).

“Kami dibantu warga dan pihak kepolisian Sektor Cilimus sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 23.00 WIB( +- 1 30 Jam ) tandasnya.

Mengenai penyebab kebakaran diduga dari puntung roko. Hal ini berdasarkan temuan di TKP, munculnya api bersumber dari tumpukan bubuk kayu, kemudian merambat ke bangunan.

“Di lokasi Pabrik ,berdiri juga Menara Telekomunikasi /Pemancar signal ( Milik Provider belum diketahui milik provider mana) yang terdapat sumber listrik tegangan tinggi dan sama sekali tidak terlindungi oleh sistem proteksi kebakaran,” sebutnya.

Mengenai -total luas bangunan pabrik : 100 M2 x 50 M2 = 5.000 M2  dan bangunan yang terbakar seluas 6 M2 x 6 M2 = 36 M2 x @ Rp.250.000 = Rp9 juta.

Sedangkan  papan olahan sebanyak +- 30 buah x @ Rp75 ribu = Rp.2.250.000, sehingga total kerugian Rp11.250.000. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS)- Direktur Utama Pertamina  Nicke Widyawati   bersama jajaran direksi Pertamina langsung mengunjungi wilayah operasi Kilang Pertamina Refinery Unit VI Balongan untuk memastikan...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Kuningan. Bahkan, pada kebakaran Selasa (22/9/2020) pukul 12.30 WIB itu, yang terbakar dua rumah sekaligus. Lokasinya...

Health

KUNINGAN (MASS) – Kabar kesembuhan pasien yang sempat dinyatakan positif rapid test terus bertambah. Hal ini setelah hasil swab dinyatakan negatif dan sebelum pun...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Ading (70) warga Dusun Puhun Rt.01 Rw.02 yang merupakan Anggota Linsmas Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis hanya bisa meratapi nasibnya.  Rumah yang...

Advertisement