FB Mantan Orang Nomor Satu di Kuningan Dipalsukan, Pejabat Lapor Polisi

KUNINGAN (MASS)- Dalam satu bulan ini banyak akun FB orang “penting” di Kuningan yang dipalsukan atau dikloning. Dimulai dari istri bupati, Ketua MPC Pemuda Pancasila, Ketua IDI, hingga Kepala BTNGC.

Ternyata masalah itu belum selesai karena ada kasus terbaru yakni dikloningnya/palsukan akun mantan  orang nomor satu di Kuningan yakni Dede Sembada.

Dikloningnya FB pria yang pernah ditunjuk sebagai penjabat bupati itu membuat heboh Kuningan. Pasalnya, banyak korban yang kena tipu, salah satunya Kabag Organisasi Setda Kuningan  Agus Basuki.

Ia pada Minggu  (28/6/2020) sore sekitar jam 16.00 WIB mendapatan pesan inbok dari akun bernama Dede Sembada, karena kenal, maka diberikan nomor.

Tidak lama usai diberikan nomor, penipu mengirim pesan via WA dan meminta kode verifikasi. Dengan polosnya mantan Camat Cigugur itu memberikan kodenya sehingga FB-nya dikuasai penipu.

Ia baru sadar ketika jam 8 malam salah satu temannya memberikan kabar bahwa akun FB diretas dan nomor ponselnya dirubah. Hal ini membuat Agus panik.

Ia pun berusaha semaksimal mungkin agar FB-nya kembali dikuasainya. Agus kepada teman di grup WA meminta bantuan bahwa FB diretas.

“Saking pusingnya saya tidak bisa tidur semalam karena takut digunakan untuk menipu,” ujarnya.

Dan benar saja lanjut dia, si penipu itu mengirim pesan untuk meminjam uang dari mulai Rp600 ribu-Rp1 juta. Untungnya tidak ada satu pun yang mengirim atau mentranpersnya.

Akhirnya akun FB miliknya bisa kembali dikuasi berkat bantuan anaknya yang kuliah di jurusan IT. Agus pun Senin (29/6/2020) pagi langsung melapor ke bagian Satreskrim Polres Kuningan.

“Saya lapor karena takut ada korban dan demi keamanan. Kalau sudah lapor ketika ada yang tertipu mereka akan paham,” tandasnya.   

Terpisah, Dede Sembada yang saat ini tercatat sebagai Anggota DPRD mengaku, akunya dikloning oleh penipu. Ia mengakui mempunyai dua akun yakni Kang Dede Sembada dan Dede Sembada.

Namun, untuk Dede Sembada Jarang digunakan tapi setiap akun Kang Dede bikin status selalu dikaitkan atau tagkan dengan Dede Sembada.

“Akun yang baru itu kloning karena FB akun Kang Dede mencapai 4.998 orang teman dan satu lagi lebih dari 1.600. Sedangkan akun kloning jumlah masih 1.300,” ujar pria yang juga mantan Wabup Kuningan itu.

Adapun nomor ponsel penipu adalah 083183287210. Setelah dihubungi dan diancam akan dilaporkan ke polisi nomornya tidak aktif berikut akun FB.

“Saya sih besok akan lapor karena kebetulan saat ini banyak kegiatan. Pasca kejadian saya langsung membuat klarifikasi di FB dan berharap warga mengetahuinya,” jelasnya. (agus)