Bukan 30 Kios yang Tersapu Puting Beliung

KUNINGAN (MASS)- Sapuan angin puting beliung di Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang yang terjadi pada Minggu (23/12/2018) sore jam 17.00 WIB ternyata sangat dahsyat. Pasalnya, bukan satu dua kios yang rusak tapi 31 kios yang rusak.

Menurut informasi yang kuninganmass.com himpun dari perangkat desa setempat. Awalnya data kerusakan hanya 30 kios BUMDes. Tapi, ternyata 31 kios.

Mengenai jumlah kerugian hingga saat ini belum terdata karena masih dihitung. Dari informasi hujan yang deras tersebut terjadi selama 30 menit sehingga mampu merusakan puluha kios yang selama ini dikelola BUMDes Pangakalan.

“Memang kios yang rusak 30, tapi ditambah satu WC ikut rusak, sehingga total 31 bangunan,” ujar Kaur Ekbang Desa Pangkalan Budi, Senin dini hari.

Budi menyebutkan, bersama masyarakat dan petugas bahu membahu memberishkan material yang menghalangi jalan. Sehingga lalu lintas bisa kembali lancar.

“Pembersihkan beres jam 12 malam. Saat ini lsitrik sudah nyala. Untuk kerugian masih prediksi dikisaran Rp40 juta hingga Rp75 juta. Ini baru taksiran,” lanjut Budi.

Ia merinci kerusakan mencapai 97 persen, dimana dinding masih berdiri. Sedangkan yang rusak berat adalah atap dan baja ringan saja.

Sementara pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kuningan menyebutkan, data kerusakan diterima sebanyak 30 kios. Total ada 39 kios yang dikeolal BUMDes. (agus)