Plt Bupati Punguti Sampah

KUNINGAN (MASS)- Plt Bupati Kuningan Dede Sembada memberikan contoh nyata kepada warga Kuningan yang kebetulan hadir dalam acara Car Free Day. Desem biasa ia dipanggil memunguti sampah yang berserakan di jalan sepanjang jalur CFD.

Desem tidak sendiri ia didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup H  Amirudin MSi, para petugas kebersihan. Lalu, siswa SMP yang sekolahnya berdekatan dengan wilayah Car Free Day.

Kegiatan ini bertemakan “Less Waste Event Car Free Day”. Aksi pungut sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

Pemerintah mempunyai agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yakni dari 21 Januari sampai dengan 21 April 2018 . Progtam TBBS harus dilaksanakan oleh seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

“Pelaksanaan TBBS ini merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk melakukan Corrective Action,” ujar Desem.

Kegiatan ini juga  untuk mewujudkan Indonesia bersih sampah tahun 2025. Hal ini  sesuai peraturan Presiden nomor 97 tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tanggga.

Diterangkan, kegiatan pungut sampah di lokasi sepanjang CFD untuk menumbuhkan kesadaran bersama akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik, karena dengan memperlakukan sampah dengan baik maka akan mendatangkan manfaat bagi kehidupan.

“Saya berharap melalui kegiatan aksi pungut sampah di CFD dapat menjadikan budaya dalam memperlakukan sampah yang kita timbulkan dengan bijak, semoga tekad kita dan langkah kita mendapatkan ridho dari Allah SWT,” jelasnya Desem  yang diamini oleh Kadis LH H Amirudin MSi.

Sementara itu, melihat Plt Bupati memunguti sampah maka warga pun ikut melakukannya. Mereka sadar meski ada petugas sampah namun membuang sampah pada tempatnya akan memudahkan petugas dan menjaga Kuningan tetap bersih. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com