Minimal Empat Hari untuk Pulihkan Jalur

KUNINGAN (MASS)- Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Maulidin SE mengatakan, petugas gabungan di lapangan berkerja keras untuk menangani longsor di delapan titik di Sindangpanji Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Diprediksi jalur akan kembali normal empat hari pasca longsor.

Bahkan lanjut dia, bisa mencapai seminggu tergantuung kondisi di lapangan. Pihaknya pun berharap tidak ada longsor susulan, sehingga para petugsa fokus pada pengerjaan sekarang.

“Yang pasti kita ingin secepatnya. Selain ada delapan titik longsor. 24 kendaraan terjebak dengan rincian 21 mobil dan 3 motor,” jelas Agus kepada kuninganmass.com, Rabu (10/4/2019).

Ia menyebutkan, untuk membuka akses jalan dari arah Cikijing diterjunkan  4 unit alat berat. Sedangkan penanganan manual dari arah Cipasung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan pun sama dilakukan.

Sementara itu, Polisi dan Dishub melakukan pemasangan rambu dan rakayasa jalur lalu lintas. Sedangkan PU Provinsi, BPJN Wilayah III melakukan usaha membuka jalan dengan membersihkan materila longsoran yang menutup jalan.

“Untuk jalur alternatif disediakan dua  dan pengendara sudah paham. Mereka bisa mengambil jalur alternatif pertama  dengan jarak 11 KM. Jalur itu adalah   Cipasung-Sukarasa-Cageur-Tugumulya-Cimenga-Cibali-Gardujaya. Sedangkan jalur alternatif dua kendaran dengan araknya adalah 9 KM dengan rute Parung-Karanganyar-Cipulus-Colom-Cidulang,” ujarnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com