BTB Kuningan Dirikan Dapur Umum di 4 Titik Tempat Pengungsian

KUNINGAN (MASS) – Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Kuningan dibantu oleh BTB Pusat telah mendirikan dapur umum sebanyak 4 titik tempat pengungsian. Diantaranya di Kaduagung, Cipari, Margacina dan Cijeumit. Dapur Umum tersebut dibuat untuk memfasilitasi kebutuhan para korban bencana alam.

“Giat seperti ini sudah menjadi kewajiban kami guna membantu masyarakat, yang sedang terjebak dalam kesulitan akibat bencana alam. Oleh karena itu kami menerjunkan personil Baznas Tanggap Bencana (BTB) untuk meringankan beban masyarakat,” ujar Ketua Baznas H Uba Subari AK.

Tercatat banyak sekali warga yang mengungsi dari tempat tinggalnya, sebab masih jauh layak untuk disinggahi. Tentunya, kata Uba, kebutuhan Primer sangatlah dibutuhkan oleh para pengungsi bencana alam.

Hal tersebut membuat BTB Kabupaten Kuningan dibantu BTB pusat turun tangan untuk meringankan penderitaan warga dengan mendirikan dapur umum sejak (21/2/2018) di Desa Kaduagung Kecamatan Karangkancana. Kemudian pada Rabu (28/2/2018) di Desa Cijeumit Kecamatan Ciniru.

Sementara itu BTB Kuningan Mohammad Entus mengatakan BTB juga memberikan bantuan  alat tulis sebanyak 600 paket ke Desa Cilengkrang (Brebes), 150 slimut, 93 tikar dan ditambah 3000 paket alat kebersihan untuk seluruh korban bencana alam.

Untuk personil BTB Kuningan yang diturunkan sebanyak 11 orang serta berkolaborasi dengan BTB Pusat yang ikut membantu di lapangan. BTB pun menjalin koordinasi dengan unit tanggap darurat lain, baik dari pemerintah maupun relawan.

“Semuanya ditugaskan untuk kebutuhan dapur umum dan membantu bersih-bersih pasca bencana banjir dan longsor dan kami bertugas secara bergiliran,” kata Entus. (argi)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com