Toko Modern Menjamur

KUNINGAN (MASS) – Belakangan ini toko modern menjamur di Kuningan. Terakhir persis di depan kampus UNIKU yang mahasiswanya pernah melakukan penelitian soal dampak toko modern terhadap pedagang kecil.

Pantauan kuninganmass.com, toko modern ‘Alfa Mart’ tersebut baru beroperasi beberapa pekan ke belakang. Lokasinya tidak jauh dari toko modern ‘Ummat’, yang baru saja kemalingan.

Kemegahan dari toko modern ini sangat terlihat. Tidak menutup kemungkinan, dalam waktu singkat keberadaan toko modern tersebut mampu menggerus toko atau warung lain yang modalnya pas-pasan.

“Namanya juga pasar bebas. Jualan kan dibebaskan. Sekarang mah toko modern juga menyediakan tempat buat ngopi, kaya warkop. Jualan pulsa juga, token listrik dan lain-lain. Tapi kalau produk home industry orang Kuningan, saya jarang lihat,” ujar Adi Bahtiar.

Pemerhati Kuningan yang masih kuliah ini menduga, pemerintah mendorong warganya untuk kreatif mencari nafkah. Kalau jualan produk yang sama dengan toko modern, diyakini olehnya akan kalah bersaing.

“Kita harus kreatif dalam berusaha. Kayaknya kita dituntut ngojek online semua. Biar yang jualan mah toko modern semua yang modalnya gede. Da kita mah apa atuh. Lagian masyarakat juga lebih seneng belanja di toko modern,” sindirnya. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com