Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Economics

Siap Bermitra Dengan Toko Modern, Puluhan UMKM Berikan Sampel Produk

KUNINGAN (MASS) – Puluhan pelaku UMKM memberikan produknya untuk menjadi sampel yang siap bermitra dengan ritel modern. Hal itu dilakukan sebagai bukti dan tindaklanjut, serta solusi dari Kepala Diskopdagperin Kuningan U Kusmana S Sos, setelah mengevaluasi kemitraan antara ritel modern dan UMKM lokal.

Pemberian sampel produk ini, dilakukan Diskopdagperin agar UMKM Kuningan yang siap bermitra dengan ritel, nantinya bisa memperluas akses pemasarannya.

Hal itu, disampaikannya pada kegiatan Kurasi Produk pada Jumat (8/7/2022) kemarin di PLUT Jalan Baru Lingkar Timur Desa Panawuan Kecamatan Cigandamekar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hadir dalam kurasi produk UMKM tersebut, para pengelola ritel seperti PT Sumber Alfaria Trijaya, PT Indomarco Prismatama, Tiara Mart, Fajar Group, Terbit Toserba, beserta lebih dari 50 orang pelaku UMKM lokal.

“Sekitar 35 produk UMKM diambil sampel oleh Indomaret, 29 produk diambil Alfamart, 30 produk oleh Fajar Group. Toko ritel lainnya, meminta produk dibawa langsung ke toko,” sebut U Kusmana.

Bahkan, ditawarkan pula produk kue basah agar dapat dibawa langsung agar dikurasi oleh PT Indomarco Prismatama Cabang Cirebon (Plumbon). Diterangkan, bukan hanya makanan yang diterima ritel, non makanan pun jika bagus dan lolos kurasi, bisa diterima.

Diingatkan, pelaku UMKM harus tetap menjaga kualitas serta mengurus legalitasnya agar bisa survive di pasaran.

Salah satu pelaku UMKM yang terbilang sukses di Kuningan, Hanaya, membagikan pengalamannya menjuang kripik ubi ungu dan gemblong ubi ungu yang sudah diakomodir dua ritel modern sejak 2013. Setidaknya, kini mengisi 400 outlet.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam giat itu, dikatakan jyga kurasi produk bersama ini akan dievaluasi lagi dalam 3 bulan kemudian, diterima atau tidaknya oleh konsumen ritel modern.

Dalam acara itu, selain pelaku UMKM dan ritel modern, hadir pula salah satu perusahaan ekspedisi/pengiriman barang, Paxel Kuningan. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Economics

KUNINGAN (MASS) – Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN Tematik Jawa Barat-Banten LLDikti IV, menjadikan program kewirausahaan sebagai fokus yang akan dibantunya. Mahasiswa yang...

Business

KUNINGAN (MASS) – Mahasiswa STKIP Muhammadiyyah di Desa Ciangir Kecamatan Cibingbin menggelar penyuluhan dan membantu pendaftaran NIB bagi pelaku UMKM. Selain hal itu, mahasiswa...

Business

KUNINGAN (MASS) – Satu lagi olahan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Kabupaten Kuningan, tepatnya dari Desa Cikupa Kecamatan Darma. Namanya Kripik Becak. Kripik...

Business

KUNINGAN (MASS) – Dorokdok Sangrai adalah salah satu UMkM yang ada di Desa Sindangjawa Kecamatan Cibingbin. Tidak menggunakan minyak, kurupuk khas ini dipasak menggunakan...

Advertisement