Sambut Pemudik, Belasan Ruas Jalan Diperbaiki

KUNINGAN (Mass) – Warga Kuningan yang sedang berada di perantauan boleh tersenyum senang. Pasalnya, agenda mereka untuk pulang kampung nanti akan terasa nyaman. Ini menyusul mulai diperbaikinya belasan ruas jalan yang masuk jalur mudik.

“Kita sedang melakukan perbaikan di sejumlah ruas jalan alternatif internal untuk jalur mudik. Tiap hari kita monitoring agar perbaikan tuntas sesuai target,” ujar Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Ir H Jajat Sudrajat MSi, Selasa (6/6/2017).

Dalam konteks pelayanan publik, diakuinya, perbaikan jalan seperti itu sudah jadi kewajiban. Terlebih menghadapi lebaran dengan arus mudik yang deras. Jajat tahu jumlah perantau asal Kuningan sangat banyak.

“Memang perbaikan ruas jalan yang kami lakukan ini belum seluruhnya, baru menjangkau jalur mudik saja. Tapi paling tidak ada upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Pasca lebaran kita akan lanjutkan pada ruas-ruas jalan lainnya,” tandas birokrat yang akrab disapa Ajat itu.

Sementara, jumlah ruas jalan kabupaten yang masuk jalur mudik internal sebanyak 12 ruas. Sedangkan untuk ruas jalan provinsi meliputi Jalan Jalaksana-Ciawigebang dan Bojong-Pakembangan. Untuk jalur Cirebon-Cigugur-Sukamulya-Kadugede-Darma-Cikijing merupakan ruas jalan nasional.

“Semuanya diperbaiki. Kalau jalan provinsi dan nasional kan sudah tuh. Sekarang terasa mantap jalannya. Kini giliran jalur internal yang ditargetkan H-6 tuntas. Jadi, ketika ada kendala macet di jalur provinsi atau nasional nanti, maka dapat beralih ke 12 ruas jalur kabupaten,” terangnya. (deden)

Ini Jalur Mudik Tahun 2017

Kabupaten

  1. Sampora-Caracas-Kuningan
  2. Padamenak-Japara
  3. Japara-Sindangbarang
  4. Japara-Karangmuncang
  5. Panawuan-Koreak
  6. Sangkanhurip-SP. Manis
  7. Caracas-Pakembangan
  8. Mandirancan-Matanghaji
  9. Gunungkeling-Ragawacana-Bandorasakulon
  10. Kalpataru-Kadugede
  11. Kuningan-Garawangi-Tambakbaya
  12. Tambakbaya-Lebakwangi

Provinsi

  1. Jalaksana-Ciawigebang
  2. Bojong-Pakembangan

Nasional

Cirebon-Cigugur-Sukamulya-Kadugede-Darma-Cikijing

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com