Pengawas Lapangan Adalah Ujung Tombak

KUNINGAN (Mass)- Pengawas lapangan adalah ujung tombak bagi pemerintah dalam memeriksa mutu pekerjaan proyek pembangunan. Apabila dalam pengawasan tidak benar maka akan banyak proyek yang kualitas buruk.

Tugas berat ini diemban oleh mereka. Untuk terus meningkatkan kualitas mereka maka digelar bimbingan teknis pengawasan lapangan. Kegiatan ini digelar oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kuningan, Kamis (23/3/2017) di Aula Permata.

Menurut Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kuningan Trisman Supriatna MPd, total ada 100 peserta yang hadir. Mereka adalah wakil dari tiap SKPD dan juga wakil dari 32 kecamatan.

“Tujuan kami menggelar bimtek adalah untuk memperoleh masukan untuk peningkatan pengetahuan aparatur sipil negara terhadap pengawasan pelaksanaan pembangunan di lingkup Pemkab Kuningan,” ujar mantan Kabag Ekonomi itu.

Mengenai nara sumber Trisman, menyebutkan adalah widyaiswara dari Badan Diklat Daerah Provinsi Jawa Barat. Sedangkan metode bimtek yakni pemaparan, diskusi dan tanya jawab.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama MH menyampaikan saat ini persoalan lemahnya pengawasan di lapangan terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan selalu menjadi komoditi media masa sehari-hari dan hal ini sudah dianggap lumrah.

Dari tahun ketahun selalu saja terjadi penyimpangan pelaksanaan kegiatan pembangunan sebagai akibat tak matangnya perencanaan dan lemahnya intensitas pengawasan pelaksanaan pembangunan.

Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Kuningan saat ini sedang gencar-gencarnya melaksanakan pembangunan infrastruktur. Hal ini  guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Pembangunan itu adalah pembangunan jalan , pemabangunan gedung sekolah, gedung pemerintahan, sarana keagamaan, sarana kesehatan sebagai sarana pendukung perekonomian masyarakat dan pendukung bagi kemandirian masyarakat.

“Demi mewujudkan misi Kabupaten Kuningan kita memerlukan sumber daya manusia khususnya Aparatur Sipil negara yang profesional, kompeten dan handal di segala aspek pekerjaan. Salah satunya dalam bidang pengawasan lapangan agar di peroleh hasil pembangunan yang berkualitas, bermutu, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku serta terhindar dari segala bentuk penyimpangan hukum,” jelasnya.

Bupati pun berpesan agar para peserta bintek ini dapat menimba ilmu dengan sebaik-baiknya demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Kuningan dan demi mewujudkan Kuningan yang Mandiri, Agamis dan Sejahtera. (agus)

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com