Komentar Bupati Usai Buka Festival Desa

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama H membuka acara Festival Desa di Alun-alun Kecamatan Ciawigebang. Even kali pertama kali diikuti oleh 24 desa yang ada di Kecamatan Ciawagebang.

Bupati sangat senang dengan kegiatan ini terlebih melihat produk yang ditampilkan tiap desa sangat beragam. Ia berharap dengan adanya Festival Desa maka semua potensi yang ada di desa terangkat dan semakin berkembang.

“Saya dukung Festival Desa digelar di setiap Kecamatan. Bukan hanya produk makanan tapi budaya juga bisa berkembang karena adanya kegiatan ini. Ini Wadah yang bagus dan saya sangat mendukung PDAU,” ujar Acep usai mengunjungi satu persatu stand yang ada di Festival Desa, Sabtu (8/12/2018).

Bupati yang didampingi Camat Ciawigebang Ruslani sengaja melihat satu persatu stan agar melihat apa yang menjadi unggulan setiap desa. Meski mayoritas masih makanan olahan, tapi ia optimis seiring waktu bakal banyak produk unggulan lainnya yang muncul.

Terpisah, Direktur PDAU Kuningan Imam Rozali ST MT mengakui, kegiatan in akan digelar disetiap kecamatan atau minimal kecatamatan yang kecil digabung dua kecamatan. Tujuan Festival Desa memberikan ruang untuk menonjolkan produk yang ada di desa.

“Ketika ada pameran pembangunan produk desa sulit muncul karena terbatas. Maka Fetival Desa merupakan wadah yang tepat bagi desa,” jelasnya.

Diharapkan, adanya acara ini produk desa muncul dan pihak PDAU pun akan membantu untuk lebih maju lagu khsuusnya untuk produk makanan. Bahkan, pada saat Pekan Raya Kuningan akan ditampilkan.

Dari pantauan kuninganmass.com stan yang ditampilkan memang mayoritas masih menonjolkan produk makanan. Untuk kerajinan masih minim. 

Namun hal ini dianggap wajar karena setiap desa belum sepenuhnya mengembangkan potensi yang ada. Dengan adanya BUMDes ditiap desa maka potensi mereka akan semakin berkembang. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com