Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Desem: Justru yang Mengintervensi Kewenangan Bupati Tidak Punya Etika

KUNINGAN (MASS) – Pernyataan Susanto yang menyebutkan tidak ada pelibatan Komisi II DPRD Kuningan dalam perekrutan Direktur PDAU dan menyebut bupati harus menjaga etika, rupanya berbuntut panjang.

Karena pernyataan itu menuai reaksi dari Fraksi PDIP. Menurut Ketua F-PDI Dede Sembada masalah pengangkatan Direksi PDAU itu sepenuhnya ada di kewenangan Bupati.

“Sebagaimana dimaksud di ketentuan Perda Nomor 11 tahun 2019 tentang Perumda PDAU dan ketentuan Perbup nomor 52 tahun 2020,” jelas Desem yang pernah menjadi Penjabat Bupati Kuningan itu kepada kuninganmass.com, Rabu (5/8/2020).

Di sana lanjut dia, tidak ada kewajiban Bupati untuk memperhatikan pertimbangan dari DPRD. Hal ini sejalan dengan ketentuan pasal 409 undang-undang 23 2014 yang mencabut ketentuan undang-undang nomor 5 tahun 1962 tentang  perusahaan daerah.

Sebagai contoh pada saat anggota DPRD melaksanakan tugas, pastinya berpedoman kepada tata tertib dan sesuai dengan kewenangan.

“Justru kalau kita mengintervensi  kewenangan bupati justru kita tidak etis, masa kewenangan bupati diintervensi kan itu bukan kewenangan dewan,” jelasnya.

Desem menegaskan sekali lagi apa yang bupati lakukan dalam perekrutan Direktur PDAU tidak menyalahi aturan dan tidak menyalahi etika.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Justru kalau kita misalkan mempersoalkan kewenangan itu, jutru kita yang tidak punya etika,” ujarnya mengulang yang sama untuk menegaskan.

Pihaknya harus menjawab masalah ini karena selain ada pernyataan bupati tidak beretika juga ada rencana penolakan hasil pemilihan Direktur terpilih. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Bupati Kuningan H Acep Purnama selalu Kuasa Pemilik Modal Perumda PDAU melantik Dr Nana Sutisna menjadi Direktur Perumda periode 2020-2025. Dengan...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Munculnya akronim DISKO (Dede Ismail-Kokom Komariyah) yang dilontarkan Rudi O’ang Ramdani membuat geram H Karyani ST (Jikar). Mantan anggota DPRD Kuningan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Pasca Direktur Perumda Aneka Usaha Kuningan Imam Rozali ST mundur tahun 2019, maka jabatan tersebut kosong, sehingga Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Kondisi Perusahaan Daerah Aneka Usaha  (PDAU) Kuningan mengkhawatirkan. Betapa tidak, saat ini tidak ada direktur yang menjabat karena mundur pada bulan...

Advertisement