Syukuran 1 Suro Sekaligus Hari Jadi Desa

KUNINGAN (MASS)- Pergantian tahun baru hijriyah di Kabupaten Kuningan berlangsung meriah. Semuanya bernafaskan Islam dengan digelar tablig akbar. Pemkab Kuningan juga menggelar tablig akbar dan juga menggemakan salawat di depan Pendopo Kuningan.

Ternyata warga Desa Luragung Landeuh Kecamatan Luragung memanfaatkan momen tanggal 1 Muharam dengan menggelar syukuran 1 Suro sekaligus syukuran hari jadi desa setempat. Hasil Perhitungan Desa Luragungg Landeuh sudah berusia 576 tahun.

Hari Jadi Luragung mengangkat tema Nyukcruk Galur Ngambah Tanah nu Mimiti. Acara kali pertama ini  dilaksanakan oleh Kompepar Banawa. Desa Luragung Landeuh  merupakan bagian penting dari sejarah Kuningan.  Rangkaian acara perayaan selama dua hari.  Sungai Cisanggarung yaitu rute masuknya Kerajaan Tarumanagara ke Kuningan yang selanjutnya.

“Ini acara kali pertama untuk membangkitakan lagi tentang sejarah Luragung. Luragung memiliki sejarah penjang tentang Kuningan,” ujar Sekretaris Kompepar Kuningan Rito Riswanto MP, Selasa (11/9/2018).

Terpisah, Camat Luragung Beni P mengatakan, acara kali pertama ini akan menjadi agenda rutin, sehingga menjadi daya tarik wisata baru di Kecamatan Luragung. Sejarah panjang tentang Luragung yang membuat Kompepar Banawa Desa Luragung Landeuh menggelar acara ini.

Dari pantauan semua warga ikut hadar dalam acara ini. Semua seolah tersadarkan bahwa Luragung Landeuh memiliki sejarah hebat. Untuk itu mereka sepakat untuk membangkitkan kembali tentang sejarah itu. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com