Kenapa Pansus Tatib Tak Direbut KKB? Ini Jawaban Ketua PAN

KUNINGAN (MASS) – Tidak direbutnya posisi ketua Pansus Tata Tertib DPRD oleh Koalisi Kuningan Bersatu (KKB) mendapat jawaban dari Ketua DPD PAN Kuningan, H Udin Kusnedi, yang kini duduk di parlemen daerah.

“Karena yang dipakai proposional dari partai pemenang pemilu (dari atas ke bawah, red),” jawab Udin kala ditanya alasan Pansus Tatib diketuai politisi PDIP, Rabu (9/10/2019) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Soal kemungkinan pada saat penentuan AKD (Alat Kelengkapan Dewan) pun menggunakan opsi proporsional, ia mengatakan belum tentu. Sebab menurut Udin ada perbedaan antara Pansus dengan AKD.

“Pansus ini berbicara masalah tata tertib yang akan dibuat untuk kepentingan seluruh anggota dewan yang ada agar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya bisa berjalan dengan baik. Sementara AKD itu kepentingan politik dari masing-masing partai politik,” jelasnya.

Perebutan pucuk AKD nanti, imbuh Udin, tergantung bagaimana lobi-lobi seluruh fraksi. “Dan yang paling penting bagi kami untuk AKD kesepahaman dan kebersamaan siapa yang bisa membangun itu ya koalisi itulah yang akan terjadi,” tambahnya.

Ia menegaskan KKB masih solid. Kalaupun ada yang beranggapan seumur jagung, Udin melontarkan pernyataan diplomatis.

“Jagung itu umurnya panjang. Akan dipanen sesuai kebutuhan. Ada yang dipanen muda ada yang dipanen tua. Karena Allah memberikan umur jagung sesuai kebutuhan manusia,” pungkas politisi yang baru pulang dari Pekalongan tersebut. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com