Kelompok Awi Haur Koneng Kelola Sampah Warga Awirarangan

KUNINGAN (MASS) – Untuk menjaga lingkungan tetap bersih dari limbah sampah organik maupun anorganik, Kelompok Awi Haur Koneng Kelurahan Awirarangan siap untuk membantu warga di kelurahan tersebut yang ingin membuang sampah pada tempatnya.

“Kami siap berpartisipasi aktif mengabdi ka lemah cai, khususnya dalam bidang sampah sesuai moto Awi Haur Koneng yaitu ‘Kami Bukan Tukang Sampah, tapi Kami Petugas Kebersihan. Yang Tukang Sampah adalah Orang yang suka buang Sampah Sembarangan,” tutur Indra Lesmana S.Sos ketua kelompok, Rabu (8/8/2018).

Ia mengatakan, Kelompok Awi Haur Koneng Awirarangan dengan jumlah anggota 8 orang menjadi kelompok perintis pengambilan sampah ke setiap rumah warga di Kelurahan Awirarangan. Meskipun baru berjalan kurang lebih 3 bulan dan baru menggarap 10 Rt dari 32 rt yang ada.

Kemudian, membuka lapangan kerja bagi pemuda Awirarangan. Karena semakin banyak warga yang ikut program ini, maka semakin banyak pula pekerja yang dibutuhkan oleh kelompok awi haur koneng.

“Alhamdulilah warga merasa terbantu dengan adanya kelompok ini, jadi warga tidak lagi membuang sampah ke sungai Citamba, kebun orang lain maupun ketika tempat sampah jauh. Bisa di jemput oleh petugas kami,” ucapnya.

Kelompok Awi Haur Koneng, lanjutnya, bekerjasama dengan Karang Taruna IPMA, Padjadjaran Cimande dan Ketua Rt setempat. Dengan kerjasama tersebut, memudahkan segala pekerjaan dan bisa mengantisipasi peningkatan sampah, khususnya di Kelurahan Awirarangan. (argi)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com