Terdapat Ikan Dewa, Balong Kramat Pontensi Wisata yang Belum Tergali

KRAMATAMULYA (Mass)- Balong Kramat atau Balong Kaagungan di Desa Ragawancana Kecamatan Kramatmulya bisa dijadikan potensi wisata baru di Kuningan. Hal itu apabila dikelola secara baik terutama penambahan fasilitas di kolam tersebut.

Selama ini kolam yang terletak di tengah perkampungan kerap didatangi oleh masyarakat baik untuk sekedar berenang atau pun sekedar ingin tahu mengenai Balong Kramat dari dekat.

Dari informasi yang diperloleh dari Kades Ragawacana Sutini, pihaknya ingin menata Balong Kramat untuk dijadikan kawasan wisata. Namun, banyak faktor yang membuat hal itu belum teralisasi.

“Akses jalan masih sempit sehingga itu menjadi kendala. Padahal, keberadaan kolam tidak kalah menarik dengan kolam Cugugur, Cibulan ataupun Darmaloka,” ucap Tini kepada kuninganmass.com belum lama ini.

Menurut dia, kolam yang luas 700 M2 ini berisikan ikan dewa yang dikeramatkan oleh warga Kuningan. Ikan ini hanya hidup dibeberapa kolam di Kuningan.

Selain, menawarkan sensasi berenang dengan ikan dewa, kolam ini suasananya masih asri sehingga sangat cocok bagi yang ingin berekreasi.

Pantauan kuninanmass.com, Balong Kramat memang memiliki potensi untuk menjadi objek wisata baru. Sekarang tinggal keseriusan pemerintah daerah dan pemdes.

Dari berbagi informasi yang dihimpun keberadan Balong Kramat ini ada hubunganya dengan enam balong/kolam yang selama ini lebih kenal oleh warga. Keenam balong tersebut adalah   Balong Darmaloka yang berada di Desa Darma Kecamatan Darma, Balong Cigugur Desa/Kecamatan  Cigugur.

Kemudian,  Balong Cibulan Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana,Balong Pasawahan Desa/Kecamatan  Pasawahan,  Balong Linggarjati di Desa Linggarjati Kecamatan  Cilimus,dan terakhi Balong Cibuntu yang berada di Desa Cibuntu Kec. Mandirancan. Kesamaan ketujuh kolom tersebut adalah di dalam kolam tersebut ada ikan dewa. Ikan dewa ini tidak dibudayakan dan sejak dulu ada sehingga disebut ikan ini dikramatkan. (agus).

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com