Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Berapa Jumlah Wisatawan yang Datang Selama Lebaran? Ini Datanya

KUNINGAN (Mass)-  Sebagai daerah tujuan wisata Kabupaten Kuningan selama libur Idul Fitri banyak dikunjungi wisatawan. Dari data yang dimiliki oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) padat lebaran tahun mengalami lonjakan pengunjung yang sangat luar biasa.

Dari 25 objek daya tarik wisata (ODTW) yang ada di Kuningan ternyata dikunjungi oleh wisatawan sebanyak 338.630 orang. Jumlah itu dari tanggal 25 Juni hingga 2 Juli atau selama libur lebaran.

“Lebaran tahun ini peningkatannya sangat luar biasa bila dibanding tahun lalu. Pada tahun ini 338.630 pengunjung, sedangkan tahun lalu hanya 180.916 orang atau terjadi peningkatan 87,189 persen,” ucap Kabid Destinasi Disporapar Ria Apriani SE MSi kepada kuninganmass.com, Jumat (14/7).

Ria yang didampingi Kasi Pengembangan SDM Rito Riswanto MPar pada tahun ini wisatawan lebih memilih berkunjung ke wisata alam yang berada di lereng gunung Ciremai. Ini terbukti meningkatnya kunjung ke ODTW yang ada dibawah lereng Gunung Seperti di kawasan Cisantana, Batuluhur, Cilengkrang, Cibuntu dan banyak lagi.

Mereka lanjut Ria, mungkin jemu dengan wisata air yang selama ini sudah sering dinikmati ditempat asal mereka. Perubahan selera wisatawan ditangkap oleh pengelola wisata dengan banyaknya berdiri tempat wisata baru yang menawarkan panorama alam.

Ipukan, Sugaeri View terbukti menyumbang pengunjung yang sangat luar biasa. Meski begitu dominasi jumlah pengunjung masih dikuasi oleh Kolam Cibulan yang mencapai 66.163. kemudian,   Linggarjati Indah sebanyak 41.957 pengunjung.

Setelah itu, disusul oleh Sangkan Aqua Park 34.792, Waduk Darma 30.661, Palutungan 18.700, RTH Cisantana sebanyak 20.773. Secara keselurahan mengalami peningkatan signifikan dan ini sangat menyenangkan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Untuk kedepanya pun banyak ODTW baru sehingga dipastikan akan banyak pilihan bagi pengunjung. Pihak Disporapar sendiri terus berjuang agar ODTW yang ada di Kuningan terus berkembang.

“Kami saat ini terus berkoordinasi dengan kementrian dan selama ini respons dari pusat bagus. Ini terbukti pada tahun 2018 Kuningan akan mendapatkan DAK. Semoga hal ini bisa terialisasi agar pariwisata yang ada di Kuningan terus maju,” tandas istri dari Kadishub Kuningan itu. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Dalam beberapa hari ini banyak pelanggan PLN di Kabupaten Kuningan yang dibuat murka usai membayar tagihan listrik di loket pembayaran. Mereka...

Government

KUNINGAN (MASS)- Ditengah-tengah isu hangat masalah Balai Taman Nasional Ciremai yang diinginkan oleh banyak  pihak menjadi taman hutan rakyat, ternyata gunung Ciremai merupakan taman...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Kepadatan arus lalu lintas di sepanjang jalan utama Kuningan-Cirebon terjadi mulai H+1 dan H+2. Ini karena sebagian besar pemudik ingin menikmati...

Government

KUNINGAN (MASS) – Jalan Baru lanjutan dari Sampora-Cilimus-Japara hingga kini masih berupa tanah. Padahal menghadapi musim macet lebaran tahun ini, jalan tersebut bisa dijadikan...

Advertisement