Porsenitas Dimulai, 146 Medali Diperebutkan

KUNINGAN (MASS)- Setelah dilaksanakannya Welcome Party di Pendopo Kabupaten Brebes pada Selasa malam, rangkaian acara PORSENITAS ke-VIII dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan PORSENITAS ke-VIII Tahun 2019 dan Pemeran Produk Unggulan Kunci Bersama yang dilaksanakan di Stadion Karang Birahi Brebes Rabu (27/11/2019).

Pembukaan upacara dimeriahkan dengan berbagai helaran kesenian tradisional diantaranya musik yang dibawakan oleh artis Diana Sastra dan tari jaipong papatong yang dibawakan oleh siswi SMP se-kecamatan Brebes dan Kecamatan Wanasari.

Selain itu  juga dimeriahkan dengan pawai devile dari masing-masing kontingen yang diawali kontingen Kabupaten Kuningan, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, dan terakhir tuan rumah Kabupaten Brebes, dimana tiap-tiap kontingen menampilkan berbagai kesenian yang ditampilkan.

Dalam sambutannya Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, AMd SE menyampaikan  kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun, dan Kabupaten Brebes saat ini dipercaya  menjadi tuan rumah. Porsenitas  merupakan ajang silaturahmi untuk mempererat kerjasama daerah yang sudah dibangun.

“Daerah perbatasan bukan daerah tertinggal, akan tetapi merupakan etalase atau gerbang masuk pada suatu daerah untuk terus membangun mitra stretegis dalam isu pembangunan yang terpadu yang solid dan progresif, yang akan menjadi contoh di semua bidang. Serta melalui Porsenitas  ini juga sebagai bentuk kecintaan kita pada olahraga dan seni yang harus kita tanamkan,” ujarnya.

Sementara itu,Ketua BKAD H Aang Hamid Suganda, SSos yang membuka Porsenitas menyampaikan apresiasinya atas persiapan yang dilakukan Kabupaten Brebes yang banyak dengan sentuhan inovasi yang di programkan, baik di bidang olahraga, penampilan seni budaya maupun produk unggulan daerah yang akan memberikan kelancaran dan kesuksesan dalam penyelenggaraannya.

Sementara itu Bupati Kuningan H Acep Purnama yang didampingi Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda, Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan Luchterin Tedjo Sunarno. Lalu, Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy SE, dan Sekretaris Daerah Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar ikut hadir dalam pembaukaan.

Ia menyampaikan bahwa partisipasi peserta pada gelaran Porsenitas Tahun 2019 ini semakin lebih baik, ini menandakan betapa posisi Kunci Bersama ini merupakan program yang cukup strategis yang bisa terus dikembangkan dalam rangka percepatan pelayanan pembangunan di daerah-daerah perbatasan.

“Capaian tahun lalu masuk tiga besar dan tahun ini saya berharap bisa juara umum. Untuk mencapai target   saya berpesan pada seluruh atlet untuk selalu menjaga kondisi kebugaran, selalu kompak dan solid dalam menghadapi pertandingan,” ungkap Bupati.

Perhelatan Posenitas  ke-VIII Tahun 2019 di Brebes ini akan memperebutkan 140 medali untuk cabor, 3 medali untuk kesenian, dan 3 medali untuk stand produk unggulan. (agus)