Pesan Khusus Bupati kepada Peserta Uji Kompetensi Wartawan

KUNINGAN (MASS) – Dalam sambutan pembukaan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) Jumat (21/9/2018), Bupati H Acep Purnama MH mengeluarkan pesan khusus. Dia meminta agar para awak media menulis berita-berita yang bersifat konstruktif.

“Apa yang diberitakan itu diharapkan konstruktif. Ada edukasinya, disamping akurat. Nah UKW inilah merupakan proses penjaringan dan penyaringan para insan pers yang punya jiwa professional. Setidaknya terpenuhinya standarisasi profesi wartawan,” kata Acep.

Ia mengaku sekarang ini banyak yang mengaku insan pers. Dalam mengungkap fenomena saat ini, Acep menyayangkan mudahnya memperoleh kartu wartawan. Sedangkan yang Acep alami dulu, begitu sulitnya mendapatkan kartu biru.

“Wartawannya professional, ada medianya, kalau mau memberitakan konfirmasi dulu. Kami berharap wartawan memiliki jiwa mengisi pembangunan. Maka dari itu saya mendorong Humas Setda untuk menggelar UKW ini,” tandasnya.

Dari ujian yang mengusung tema ‘UKW sebagai upaya peningkatan kompetensi dan profesionalisme wartawan’ ini, Acep berharap ada output yang memberikan dampak lebih positif. Menurutnya, wartawan merupakan profesi terhormat sehingga meningkatkan kewibawaannya.

Namun muncul pesan dari Acep yang dinilai salah satu praktisi jurnalistik dapat menyandera kebebasan pers. Bupati yang terpilih kembali ini meminta agar wartawan pun tidak melulu memberitakan meskipun bersifat factual. Acep mencontohkan, ketika dampak pemberitaan dapat memecah belah, maka dia berharap tidak perlu diberitakan.

“Berikan perlindungan, meskipun era keterbukaan public. Dan melihat perkembangan teknologi, sekarang banyak bermunculan pula media online. Itu sah-sah saja, yang penting medianya jelas dan harus terdaftar,” serunya.

Sementara Ketua PWI Kuningan, Iyan Irwandi SIP mengapresiasi kehadiran para penguji handal dari Bandung dan Ibu Kota. Ia menginformasikan, jumlah peserta UKW yang hendak dilangsungkan dua hari ini diikuti 42 peserta. Mereka bukan hanya berasal dari Kuningan, melainkan pula dari Cirebon dan Indramayu.

“Dari Kuningan sebanyak 27 orang, selebihnya dari Cirebon dan Indramayu. UKW ini kita langsungkan dua hari, Jumat dan Sabtu, di Hotel Permata ini (belakang stadion Mashud Wisnusaputra),” kata Iyan. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com