Ini Jadwal Lomba Olahraga Tradisional Tingkat SD

KUNINGAN (MASS) –  Ingin melihat permainan olahraga tradisional sambil mengenang masa lalu, bisa menyaksikan lomba olahraga Tradisional Tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Kuningan.

Acara yang digelar oleh Diporapar Kuningan ini akan dihelat Senin-Selasa (7-8/4/2018). Kegiatan dipusatkan di Open Space Gallery (OSG) Linggajati Cilimus.

“Kegiatan ini kami gelar bagian dari membudayakan olah raga tradisional agar tidak punah. Sengaja dipilih tingkat SD karena memang permaianan ini dilakukan oleh anak SD,” ujar Kadisporapa Jaka Chaerul melalui Kabid Olahraga H Nurjati kepada kuninangmass.com, Senin (23/4/2018).

Mantan Kepala UPTD Pendidikan Japara ini menyebutkan,  ada lima jenis perlombaan  digelar yakni  Hadang / Dadaluan (beregu putri), Egrang / Patikleuk (perorangan putra), Terumpah Panjang /Bakiak (beregu putri). Lalu, Dagongan (beregu putra), dan Sumpit (beregu putra).

Panitia menyediakan hadiah dan tropi bagi yang juara. Selain itu juga juara akan dikirim untuk tingkat provinsi, sehingga ajang ini jadikan ajang seleksi.

“Mudah-mudahan setiap sekolah mengirimkan wakil agar acara lebih semarak. Kegiatan ini sangat penting karena kalau generasi muda tidak mengenal olah raga tradisional maka akan punah,” ujarnya.

Mengenai persiapan lanjut dia, sudah beres tinggal pelaksannaanya saja. Pihaknya sudah melakukan rapat untuk mematangan kegiatan ini. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com