Wartawan Kuningan Ada 400, Ternyata Baru 70 Orang yang Lulus Uji Kompetensi

KUNINGAN (MASS)- Ketua PWI Kuningan Iyan Irwandi SIP mengatakan, berdasarkan data jumlah wartawan di Kabupaten Kuningan  ada 400 orang. Namun, sayangnya hingga saat ini baru ada 70 orang yang sudah melaksanakan uji kompetensi.

“Kami sudah memberikan kesempatan untuk mengikuti UKW selama dua tahun secara gratis. Tapi sayangnya, tidak dimanfaatkan oleh rekan-rekan. Padahal uji kompetensi itu penting bagi kita, karena apakah kita sudah kompenten atau tidak menjadi wartawan,” jelas Iyan pada saat penutupan Kegiatan Seminar Kehumasan  dan UKW di Wisma Permata Kuninan, Kamis (24/10/2019).

Diterangkan, pihaknya berterima kasih kepada Humas Setda Kuningan, PWI Pusat dan PWI Jabar karena UKW angkatan ke 30 berlansgung lancar. Meski dari 29 peserta ada yang tidak lulus tiga orang untuk kategori wartawan muda, namun meski begitu secara keseluruhan memuaskan.

Sementara itu, Direktur UKW  Prof Rajab Ritonga mengatakan, dari pendaatan jumlah wartawan di Indenesia ada 110 ribu orang. Di Jawa Barat sendiri ada 1.200 orang yang tergabung pada PWI dan hanya 600 orang yang sudah lulus UKW.

“Adanya UKW ini bukan hanya penting bagi wartawan karena disebut sudah kompeten tapi juga bagi pemerintah karena dengan sudah kompetensi akan menghasilkan berita yang berkualitas dan membatu pemerintah,” jelasnya.

Sekedar informasi dari total 29 orang yang mengikuti UKW selama dua hari. Dari jumlah itu, lima wartawan madya dinyatakan lulus, tiga wartawan muda tidak lulus dan sisanya lulus. Tentunya bagi yang lulus ini sangat menyenangakan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com