Selain Gelar Sanlat, Peraba Bakal Kaji Sejarah Desa

SINDANGAGUNG (MASS) -Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Tak heran berbagai kegiatan positif pun banyak diselenggarakan diberbagai daerah. Salah satunya Pesantren Kilat (Sanlat). Rupanya selain di sekolah formal, kini pesantren kilat banyak diselenggarakan disetiap desa.

Salah satunya Sanlat di Desa Kertaungaran Dusun Puhun Kampung Balangkunang Kecamatan Sindangagung yang diselenggarakan oleh Peraba (Persatuan Pemuda Balangkunang).

Pantauan kuninganmass.com Kamis (7/6/2018), Sanlat tersebut dimulai sejak 16 Ramadhan dan diikuti sebanyak 130 peserta yang terdiri dari pelajar TK sampai ke jenjang kelas 1 SMA.

Ketua Pelaksana Uci Sanusi mengatakan bulan suci ramadhan merupakan bulan seribu berkah. Segala amalan baik pahalanya dilipatgandakan. Oleh karenanya, selain menambah pahala para pemuda setempat sengaja menyelenggarakan sanlat ini karena memang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Tentunya kegiatan pesantren kilat ini sangatlah penting untuk dilaksanakan dibulan suci ramadhan ini, ditambah pergaulan diera sekarang yang patut diwaspadai, oleh karenanya kita isi dengan kegiatan yang positif,” ujarnya.

Selain hal itu, rupanya para panitia disini juga mengemas sanlat ini dengan berbagai hal. Salah satunya dengan diberikannya arahan serta bimbingan oleh para tokoh/sesepuh masyarakat. Dan rencananya sore Jum’at besok, panitia akan mengadakan ziaroh ke makam sesepuh disertai kajian Desa.

“Hal ini agar generasi muda selaku penerus sekaligus pelurus bangsa, baik peserta sanlat maupun kami para pemuda sama-sama terdidik. Kami akan kaji sejarah desa dengan silaturahim ke sesepuh dan juga ziarah ke makam para pendahulu,” ungkap Asep Ahmad Syarif, koordinator mentor. (argi)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com