Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Ziarah ke Makam Leluhur dan Mantan Bupati Dibagi Tiga Rombongan

KUNINGAN (MASS)- Sudah menjadi agenda rutin dalam memperingati Hari Jadi Kuningan ke-522, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melaksanakan agenda tahunan ziarah kubur ke makam para leluhur atau sesepuh.

Bupati bersama para pejabat berziarah  untuk memberikan doa atas jasa-jasa yang mereka lakukan untuk Kabupaten Kuningan. ziarah selalu dilakukan seatu hari menjelang Hari Jadi Kuningan   yakni  Senin (31/8/2020).

Ziarah kubur tersebut terbagi menjadi beberapa rombongan. Untuk rombongan pertama terdiri Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH MH yang diikuti seluruh unsur Forum Muspida, Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi.

Kemudian para  Kepala SKPD, Kepala Bagian Lingkup Setda, Ketua MUI Kabupaten Kuningan dan Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Acep Purnama SE yang berziarah ke Makam Arya kamuning.

Bukan hanya satu, tapi juga ke makam  Syech Maulana Akbar, Makam Adipati Ewangga dan Makam Ramajaksa, Makam Syeh Muhibat.

Selain itu berziarah ke Makam Bupati terdahulu Almh Hj Utje CH Suganda, serta Alm H A Subandi.

Untuk rombongan kedua Wabup HM Ridho Suganda, SH MSi yang diikuti Kepala SKPD, Wakil Ketau DPRD, Kapolres Kuningan, Ketua Pengadilan, Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan berzairah ke  almarhum  Hj Utje. CH Suganda, Makam Eyangweri dan almarhum H A Subandi.

Bukan hanya rombongan yang diatas, tapi juga para pejabat lainya seperti  Asisten Administrasi Kepala Bagian Lingkup Setda, Direktur RSUD45 Linggarjati, Direktur PDAU Kuningan.

Lalu,  Kepala BPKAD, Kabag Pemabngunan Sekda, Kabag Ekonomi Sekda, Kabag Keuangan Setda, Ketua Baznas Kuningan, Kyai H Dodo Murtlado, Kyai H. Iyan Ciptawening dan Kyai H Ikin Serta Kepala BUMD, Ketua PC NU Kabupaten Kuningan, dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Yuana Ridho Suganda, SH.

Lalu untuk rombongan ketiga yang berziarah ke Makam Alm Kol H. R Aruman Wiranang-Gapati. Yang berada di Luragung, Ciwaru yaitu Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris DPRD.

Selain itu juga  Kajari Kuningan, Asisten Pembangunan, Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Politik, Seluruh Kepala SKPD, Kepala BPBD Kuningan, Kepala Bappeda Kuningan, Kepala BNN Kuningan, Kabag Tata Pemerintahan Setda, Kabag Hukum Setda, Kabag Organisasi Setda, Ketua MUhammadiyah Kabuapaten Kuningan, Ketua PC NU Kabupaten Kuningan, Kyai H Oban Sobani MAg.

Bupati menyampaikan tradisi ziarah ini rutin dilaksanakan bersama seluruh unsur pemerintahan menjelang Hari Jadi Kabupaten Kuningan pada 1 September.

Diharapkan dengan ziarah ini kita akan selalu ingat, mengenang jasa-jasa perjuangan dan mendoakan para pendiri Kabupaten Kuningan.

Pada kesempatan yang sama Wabup juga mendoakan leluhur dan sesepuh yang telah mendahului, semoga atas jasa dan perjuangannya dapat dijadikan contoh kebaikan dalam membangun Kabupaten Kuningan yang lebih baik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dengan bertambahnya usia Kabupaten Kuningan yang ke-522, tentu kita harus termotivasi dalam mewujudkan visi Kabupaten Kuningan tersebut,” sebutnya.

Diterangkan,  bagaimana nilai-nilai kemakmuran segera tercipta di antara semua. Tidak ada lagi masyarakat Kuningan yang tidak terlayani, tidak ada lagi wilayah di Kabupaten Kuningan ini yang terlantar.

Menurut Acep ini merupakan bentuk dari kemakmuran yang dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan. Ia mengajak masyarakat untuk menggali sumber daya alam yang bisa diolah dengan sumber daya manusia asli Kabupaten Kuningan.

Karena SDM Kabupaten Kuningan dirasa sudah cukup baik dan unggul. Mudah-mudahan momentum Hari Jadi Kuningan ke-522 ini, masyarakat dan pemerintah daerah bisa memulai kembali melakukan perwujudan dari visi Kuningan maju.

Sementara Bupati Kuningan juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Kuningan untuk bersama-sama menyampaikan kritik dan saran apabila pemerintah daerah terdapat kekurangan sehingga dalam waktu dekat dapat ditindak lanjuti.

Pada Hari Jadi Kabupaten Kuningan yg Ke 522, Bupati Kuningan mengajak kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan positif bagi Kabupaten Kuningan yag lebih baik.

“Tanamkan kesabaran kepada kita, munculkan rasa saling percaya di antara sesama dan jangan terpengaruh oleh hoax yg beredar di masyarakat,” sebutnya.

Kunci utama adalah saling mempercayai antara masyarakat dan pemerintah daerah sehingga Kabupaten Kuningan bisa menjadi lebih baik lagi. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Kodim 0615/Kuningan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Haurduni Kabupaten Kuningan, Kamis...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ziarah dipilih para pengurus PC PMII Kabupaten Kuningan sebagai cara peringatan Hari Pahlawan pada Selasa (10/11/2020) lalu. Para pengurus PC PMII,...

Education

KUNINGAN (MASS) – Menuju akhir kepengurusan, Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) wilayah Cirebon kembali merefresh semangat setelah sekian lama, kegiatan terhalang covid. Kegiatan sendiri dilaksanakan...

Government

KUNINGAN (MASS)- Dalam memperingati Hari Jadi Kuningan ke-521, seperti biasanya dilaksanakan ziarah kubur ke makam para leluhur atau sesepuh. Hal ini dilakukan  untuk memberikan...

Advertisement