Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

300 Anak Ikuti Pesantren Kilat Irmada Dukuhmaja

KUNINGAN (MASS) – Sekitar 300 anak baik dari SDN 1 dan SDN 2 Dukuhmaja Kecamatan Luragung antusias saat mengikuti pembukaan Pesantren kilat (Sanlat) Ramadhan, Senin (11/4/2022) kemarin sekitar pukul 14.00 WIB.

Kegiatan seperti ini, digelar setiap tahunnya dan sudah berjalan sejak tahun 2003 lalu. Sanlat, diselenggarakan Ikatan Remaja Masjid Miftahul Huda (Irmada) dengan dukungan pihak DKM.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Sekdes Jamaludin Anwar, Babinsa Desa Dukuhmaja E Koswara, perwakilan Koramil Luragung, Ketua BPD Uus Kadarusman, Ketua FKDT Kecamatan Luragung H Suherman dan para imam mushola diwilayah Desa Dukuhmaja.

Pembukaan Pesantren Kilat Ramadhan, Senin (11/4/2022)

Ketua Irmada M Erlangga dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang mengusung tema “Ramadhan di Hati, untuk Hati yang Islami” ini, akan berlangsung sampai tanggal 23 April 2022 nanti.

“Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar dari sekarang sampai akhir nanti,” ujarnya.

Rencananya, peserta didik akan diberikan materi berupa tahsin qur’an dan hapalan surat-surat pendek. Di akhir kegiatan nanti, penutupan, akan diadakan dengan buka bersama.

Kegiatan Sanlat Ramadhan sendiri, dibuka secara resmi oleh Sekertaris Desa Dukuhmaja Jamaludin Anwar S Kom. Dirinya mengucapkan termakasih dan apresiasi yang kepada penyelenggara yang konsisten menggelar kegiatan pembinaan keagamaan.

“Karena di jaman milenial ini, masih ada anak muda-mudi yang masih peduli ke lingkungan dan mengadakan kegiatan keagaman. Tantangan anak sekarang semua tergantung ke android dan gadget,” ucapnya.

Dari waktu ke waktu, Irmada sendiri memang jadi wadah remaja dan anak muda di bidang keagamaan. Sejak tahun 2003-2006 misalnya, kala itu Irmada diketuai Rasidin S Pd I. Kini RaSidin aktif di desa sebagai Kasipel sekaligus ketua DKM.

Pada periode 2007-2009, Irmada dipimpin oleh Maman Darman. Maman kini berkiprah sebagai anggota BPD. Kemudian, Ketua Irmada periode 2010-2013 adalah Dede Tata. Dede, saat ini aktif sebagai guru pesantren di Bandung.

Di periode 2014-2016, estafet kepemimpinan berpindah ke Andri Gumelar. Menyusul ketua pertama, Andri juga kini aktif di desa, berposisi sebagai Ekbang. Selanjutnya, posisi ketua di periode 2017-2021 berpindah ke M Rosid yang kini aktif sebagai praktisi Ruqyah JRA dan pengobatan totok telor.

Dan kini, kepemimpinan Irmada dilanjutkan M Erlangga yang juga aktif sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Kuningan. (eki)

1 Comment

1 Comment

  1. Aba

    13 April 2022 at 12:59 am

    Semoga kegiatanya berjalan lancar hebat untuk remaja masjid desa Dukuhmaja

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Sejak tahun 2011 lalu, Pondok Pesantren Raudlotul Ummah (RU) berdiri di Dusun Leles Desa Gandasoli Kecamatan Kramatmulya. Ponpes RU, hadir untuk...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ratusan santri Al-Mutawally mengikuti Kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA) yang digelar Kepanduan Pramuka Al-Mutawally (KPMA). Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Forum Remaja Mesjid Miftahussalam (Formiska) Desa Kedungarum Kecamatan Kuningan mengisi bulan Ramadhan dengan pesantren kilat. Selama 20 hari, Formiska ini menggelar...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Generasi Muda Masjid Baiturrohman (Gemmaroh) didukung pengurus DKM-nya, di akhir bulan puasa ini, menggelar pesantren Ramadhan. Pesantren Ramadhan yang dimulai sejak...

Advertisement