Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Sport

Piala Bergilir Disabet Puju Janoko Klub, Ini Rincian Juara Kuningan Open

KUNINGAN (MASS)- Kejuaraan Pencak Silat Kuningan Open III sudah kelar . Untuk tahun 2019 Piala Bergilir disabet kontingen Puju Janoko Klub. Mereka menang tipis dalam perolehan medali dengan PS Budi Asih

Ketua Panitia Kejuaraan Pencak Silat Kuningan Open III, Iyan Irwandi, menerangkan,  untuk kategori usia dini, disabet  juara umum pertama PS BUAS yang juga meraih predikat pesilat terbaik putri. Disusul juara umum kedua oleh PS Padjadjaran Nasional (PN) dan kontingen Cimahi harus puas di posisi ketiga.

Selanjutnya,  kategori remaja, PS Pusaka Arya Kamuning Seluruh Indonesia (PAKSI) berhasil meraih juara umum pertama. Disusul juara umum kedua PS Pusaka Rundayan Merak Emas.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kontingen SMAN 3 Kuningan harus puas dengan peringkat juara umum ketiga. Mereka terhibur  karena salah satu pesilat laki-lakinya dinobatkan menjadi pesilat terbaik. tandasnya.

Sedangkan kategori dewasa, juara umum pertama disabet Pujo Janoko Klub yang salah satu pesilat laki-lakinya ditetapkan sebagai pesilat terbaik. Juara umum kedua dan ketiga yang memperoleh medali sama adalah Universitas Siliwangi (Unsil) dan Universitas Kuningan (Uniku).

Salah satu pesilat putri Uniku, dinobatkan sebagai pesilat terbaik. Sementara pesilat terbaik putra usia dini dari SDN 3 Caracas dan kategori remaja putri dari Satria Muda Indonesia (SMI) Ciamis.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Saya puas dengan hasil dan juga antusiasme dari penonoton. Semoga semakin banyak muncul pesilat terbaik. Semakin banyak turnamen digelar maka semakin bertammbah jam terbang pesilat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Kuningan, H Enay Sunaryo menilai jika hasil perhelatan kejuaraan pencak silat Kuningan Open III tingkat nasional tahun 2019 yang diselenggarakan Perguruan Silat (PS) Paguyuban Barudak Silat Sekolah (PBSS) Pencak Silat Klub selama beberapa hari di GOR Ewangga, dinilai sangat luar biasa.

Hal itu dikarenakan, selain pertandingannya menerapkan sistem prestasi yang menggunakan penilaian digital untuk memudahkan semua pihak agar mudah melihat hasil nilai setiap babak, juga karena yang ikutsertanya pun, mantan-mantan juara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dan sebagainya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Untuk itu, kemampuan dan keahlian beladiri para pesilat yang dinyatakan juara di tiap kelasnya pun, sudah tidak diragukan lagi. Sehingga KONI berharap agar dari cabang pencak silat, bisa menyumbangkan medali pada Pekan Olarhaga Daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2022 mendatang.

“Potensi pencak silat sangat luar biasa dan hal itu bisa dilihat dari pelaksanaan kejuaraan Kuningan Open III tingkat nasional yang pesertanya mencapai 718 pesilat,” ucap Enay ,” ujarnya, di sela-sela penutupan kejuaraan silat Kuningan Open III, Minggu (10/11/2019)..

Terlebih dari jumlah itu terdapat mantan-mantan juara provinsi dan nasional sehingga diharapkan nanti di Porda Jawa Barat, bisa menyumbangkan medali,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kejuaraan pencak silat seperti Kuningan Open, kata Enay, memang sangat diperlukan untuk mengukur kemampuan hasil latihan di perguruan silat, klub atau pun sekolahnya masing-masing. Sehingga sudah sepatutnya mendapatkan perhatian dan bantuan anggaran supaya penyelenggaraan tiap tahunnya berjalan lancar sesuai harapan. (agus)

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Selama tahun 2023 ini, para pesilat Merpati Putih yang juga siswa SMK Budi Bhakti Kecamatan Mandirancan, berhasil menyabet banyak prestasi. Baik...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 25 pesilat Pagar Nusa mengikuti kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Pencak Silat Nahdlatul Ulana (PSNU) Kuningan, di ranting Kelurahan Winduhaji,...

Education

KUNINGAN (MASS) – Pada ajang pertandingan silat Ksatria Bima Open 1, pada Sabtu (5/3/2022) kemarin di Gor Ewangga, prestasi membanggakan datang dari pesilat SMK...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Setelah seharian bertarung akhirnya dewan juri mengumumkan pemenang juara bina raya Bupati Cup I. Selain juara binaraga juga dimumkan pemenang kejuarana...

Sport

KUNINGAN (MASS)-  Sebanyak tiga kategori predikat juara umum kejuaraan daerah (kejurda) pencak silat antar pelajar SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK Cirebon Open 2019 tingkat Provinsi...

Education

KUNINGAN (MASS)- Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan (BEM FE Uniku) sukses menggelar Basketball Competition 2019 yang diselenggarakan selama satu minggu (15-21 Juni...

Health

KUNINGAN (Mass) – Selama tiga hari (23-25/3/2017)   ratusan atlet silat yang berasal dari siswa SD dan SMP bakal bertarung untuk menjadi yang terbaik dalam...

Advertisement