Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

25 Pesilat Pagar Nusa Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat di Winduhaji

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 25 pesilat Pagar Nusa mengikuti kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Pencak Silat Nahdlatul Ulana (PSNU) Kuningan, di ranting Kelurahan Winduhaji, Sabtu (2/7/2022) kemarin.

Dalam kegiatan itu, para pesilat juga diberikan penggemblengan serta peningkatan kualitas diri. Mereka diberi “bekal” agar bisa mumpuni sebagai pesilat NU.

“Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan,” ujar Nana Suhendra MPd, salah satu pengurus di PCNU, saat memberikan materi pada para pesilat.

Nana mengatakan, semua orang tentu punya kelebihan. Mengutip pendiri KH Hasyim Asy’ari dalam kitabnya adabul alim muta’alim, Nana mengatakan bahwa semua orang punya kecerdasan, tinggal mengaktifkannya saja. Dan itu dengan cara belajar menuntut ilmu.

Sedangkan, dalam menuntut ilmu itu, lanjut Nana, ada etika-etikanya. Etika paling dasar, disebutkannya dengan membersihkan niat di hati, tidak banyak berangan-angan, sabar dan sederhana.

Lalu, tidak lupa harus pandai membagi waktu, makan dan minum tidak berlebihan, serta tidak banyak tidur. Kemudian wara (hati-hati) dan menghindari pergaulan yang merusak.

“Etika tersebut disampaikan kepada para pesilat dengan harapan, ilmu yang didapat akan menjadi berkah bagi kehidupan. Termasuk yang didapat di Pagar Nusa, baik ilmu untuk menjaga fisik, pengetahuan, dan ilmu agama,” ucap Nan.

Sementara, ketua PSNU Kabupaten Kuningan Wibawa Gumbira S Sos M Pd menyebut, UKT ini merupakan tahapan pengkaderan dan penggemblengan.

Pesilat, diharapkan bisa meningkatkan kualitasnya, baik itu secara ke-NU-an, akhlak, fisik dan mental, serta spiritual dan jurus yang sudah dilatih selama ini.

“UKT dalam dunia persilatan merupakan kesempatan yang terbaik usai kerja keras berlatih untuk menunjukan kemampuan naik tingkat. Bagi para pesilat Pagar Nusa agar bisa peduli kepada NU dan Bangsa. Termasuk tawadhu dan mengedepankan Akhlaqul Karimah,” tuturnya.

Sementara, ketua panitia Muhamad Zaelani mengutarakan rasa syukur dan terima kasih pada semua pihak yang memberi dukungan. Termasuk kehadiran Lurah Winduhaji yang membuka kegiatan. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Baru baru ini telah dilaksanakan pelatihan Sertifikasi Fundamental Pajak oleh AR Learning Center, salah satu Lembaga Pelatihan yang berada dibawah naungan...

Health

KUNINGAN (MASS) – Permasalahan perilaku merokok terus menjadi masalah yang perlu diperhatikan bersama, karena tingkat penggunaannya yang masih tinggi termasuk di Kabupaten Kuningan. Hal...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kanit Gakkum Satlantas Polres Kuningan Ipda Sri Martini menerangkan kronologi kecelakaan yang melibatkan ketua KONI Kuningan H Enay Sunaryo MM, Sabtu...

Law

KUNINGAN (MASS) – Lebih dari seminggu, Asep Yasir Fauzi, warga Desa Bunigeulis Kecamatan Cigandamekar, dibuat resah menunggu motornya kembali. Ya, sejak tanggal 18 Januari...

Advertisement