Serunya Munday, Ikannya 1 Kwintal yang Nangkapnya 75 Orang

KUNINGAN (MASS)- Selasa (10/9/2019) pagi sekitar  jam 08.00 WIB di Sebelah Selatan Jembatan Cisanggarung dilakukan Festival Munday. Festival ini adalah kegiatan mengambil ikan menggunakan tangan kosong (Ngobeng) yang berfempat di sungai Cisanggarung.

Kegiatan ini dihelat menyambut Hari Jadi Luragunglandeuh yang ke 579. Yang menggelar adalah Karang Taruna Formall Desa Luragunglandeuh dan Perhimpunan Sri Buana Rahayu.

Peserta yang ambil bagian dari kegiatan yang dihelat sejak tiga tahun lalu itu adalah warga yang ada di setiap Dusun mulai Manis, Pahing, Puhun, Wage, dan Babakan. Setiap dusun mengirimkan 15 Orang Perwakilan atau total 75 rorang.

Ternyata bukan hanya warga setempa tapi juga ada peserta umum yang berjumlah 300 orang.  Begitu ikan oleh panitia ditebar para peserta pun berebut mengambil ikan sebanyak mungkin.

Yang namanya ikan di air tentu cukup sulit mengankapnya sehingga perlu kerja keras dan kerjasama. Para penonnton pun di pinggir sungai memberikan dukunga kepada peserta. Pasalanya, bagi yang tangkpan ikannya banyak sediakan hadiah Rp500 ribu untuk Juara I, Juara II Rp300 ribu, Rp200 dan Jaura Favorit Rp150 ribu.

Tidak menunggu lama akhirnya semua ikan habis sebelumnya jam 12 siang. Wajah sumringah terlihat dari semua warga karena munday merupakan tradisi yang kembali dihidupkan di desa mempunyai sejarh panjang tentang Kuningan itu.

“Ini kegiatan tahun ke tiga. Antusias penonton sangat tinggi terlebih pejabat dari Disporapar datang ke sungai untuk menyaksikan Munday,” ucap Sekertarus Kompar Luraagunglandeuh Uce Purnama.

Diterangan, Munday hanya satu dari sekian banyak acara yan digelat dalam Milangkala Luragung Landeuh ke 579. Acara digelar sejak Sabtu hingga Rabu. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com