Kekeringan, SAPMA Distribusikan Air Bersih

KUNINGAN (MASS) – Merespon kekeringan dan kekurangan air bersih di Kabupaten Kuningan akibat kemarau panjang, Satuan Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan melakukan pendistribusian air bersih di 10 titik desa di Kabupaten Kuningan.

Pendistribusian air tersebut dalam rangka kegiatan bakti sosial dengan tema “Water for humanity by helping each others can make live better”.

Pada kegiatan yang berlangsung pada 05-06 November 2019 tersebut, SAPMA  mendistribusikan air bersih di Desa Legok dan Desa Cibulan di Kecamatan Cidahu, lalu Desa Kertawana, Desa Kalimanggis Wetan dan Desa Pertawangunan yang berlokasi di Kecamatan Kalimanggis, serta Desa Ciwaru dan Desa Baok di Kecamatan Ciwaru, juga Desa Segong Kecamatan Karangkancana, Desa Jambugelis Kecamatan Cigandamekar dan Desa Mekarjaya Kecamatan Ciawigebang.

Pendistribusian dilakukan melalui 10 mobil tangki air yang masing-masing tangki ini memiliki kapasitas -+ 9000 Liter/tanki.

Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan, Rio Bima mengatakan bantuan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan WPS.Inc & Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan.

“Untuk mengantisipasi kekurangan air bersih di beberapa desa di Kuningan, alhamdulillah kita dapat melaksanakan penyaluran air bersih hingga sampai pada masyarakat. Kan berbuat kebaikan walaupun sedikit itu lebih baik, dibandingkan dengan banyak berkoar mengenai hal baik. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan bisa meningkatkan jiwa sosial baik komunitas maupun organisasi sejenis lainya,” kata Rio, Rabu (6/11/2019).

Rio mengatakan, kekeringan cukup banyak terjadi di Kabupaten Kuningan. “10 titik ini cuman sebagian saja dari kekeringan. Laporan BPBD masih ada puluhan desa terancam kekurangan air bersih,” katanya.

Masyarakat setempat terlihat antusias ketika pendistribusian air bersih. Banyak diantara mereka berharap bantuan tersebut bisa berlanjut sembari menanti pergantian musim hingga turunnya hujan agar  tidak kesulitan mencari air bersih.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada SAPMA Pemuda Pancasila, terutama pak Aulia Arief dan Yedidiah Soerjosoemarno pada pihak WPS.Inc, pak Wisnu Pramudya, dan juga pihak BPBD khususnya bapak Agus Mauludin pelaksananya,” ujar salah satu warga. (eki)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com