Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Uncategorized

Selain Sumur 7, Ternyata Cibulan Punya Situs Tersembunyi

JALAKSANA (Mass) – Rupanya Obyek Wisata (OW) Cibulan yang berlokasi di Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana, kaya akan cagar budaya. Selain ikan dewa dan sumur 7 yang selama ini jadi ikon, OW tersebut menyimpan situs tersembunyi yaitu Situs Batu Gajah.

Situs ini berupa batu berukuran besar, tidak jauh dari kolam pemandian. Di sebelahnya terdapat pohon besar yang usianya cukup tua. Batu seukuran gajah tersebut berada di bibir situ yang dikenal dengan Situ Batu Gajah.

Dalam waktu tidak lama, pengelola OW Cibulan mencoba menata situs yang selama ini tersembunyi itu. Agar lebih ASRI, dibuatkan taman yang dihiasi aneka jenis tanaman. Bahkan di sekelilingnya dibuatkan kolam terapi ikan yang lebih nyaman.

“Dari dulu situs ini memang sudah ada, hanya tersembunyi. Sekarang kami munculkan dengan penataan dan perawatan lebih baik guna menambah wahana baru, suasana baru, terutama untuk selfie atau foto bareng keluarga,” terang Direktur OW Cibulan, H Didi Sutardi.

Minggu (26/2/2017) siang, dilaksanakan gunting pita sebagai tanda dibukanya Situs Batu Gajah untuk umum. Didi berharap, pengunjung OW Cibulan lebih terpuaskan dengan adanya wahana baru Situs Batu Gajah.

Situs tersebut menyimpan nilai sejarah. Sayang, Didi enggan menceritakannya secara rinci. Ia hanya mengatakan, kisahnya ada di Keraton Cirebon.

“Konon ini patilasan Prabu Siliwangi, selain sumur 7. Sejarahnya itu nyambung ke Sumur 7,” ungkapnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Didi bersyukur atas dibukanya situs yang awalnya tersembunyi itu. Ia berharap bisa memelihara dan merawatnya jauh lebih baik, bukan berarti memuja-muja.

“Seperti yang tadi saya katakan, disamping untuk melestarikan cagar budaya, kami juga ingin menambah fasilitas atau wahana baru bagi para pengunjung OW Cibulan,” pungkasnya. (deden)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Dalam kunjungannya ke Kuningan, Wakil Ketua MPR RI Dr H Jazilul Fawaid SQ MA tidak melewatkan petilasan Prabu Siliwangi. Lokasinya berada...

Village

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan Kuningan H Acep Purnama Rabu (26/8/2020) menghadiri acara peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid Jami Nurul Hikmah di depan kantor...

Government

KUNINGAN (MASS) – Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy turut angkat bicara terkait keluhan pekerja hiburan yang tidak diperbolehkan dalam ‘hajatan’ akibat perbup yang...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Tak henti lidah kita akan bergumam penuh rasa syukur, tatkala kita mengenal lebih dekat tentang alam Indonesia. Indonesia memiliki potensi parawisata...

Advertisement