Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud) Nomor 30 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Education

Satgas PPKS Harus Segera Dibentuk di Kampus

KUNINGAN (MASS) – Tanggal 3 September 2021 telah disahkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud) Nomor 30 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Kampus-kampus di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Kuningan harus menerapkan peraturan tersebut. Sudah satu tahun semenjak peraturan tersebut disahkan, artinya kampus harus segera membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS)

Pasal 57 a Permendikbud 30 tahun 2021 berbunyi, “Perguruan Tinggi yang belum memiliki Satuan Tugas harus membentuk Satuan Tugas berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri ini paling lama 1 (satu) tahun, terhitung sejak Peraturan Menteri ini diundangkan.”

Advertisement. Scroll to continue reading.

Permendikbud 30 selain bertujuan untuk menumbuhkan lingkungan kampus tanpa kekerasan seksual. Juga memberikan pedoman kepada perguruan tinggi untuk membuat kebijakan mengenai pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.

Pada tahun 2019, berdasarkan survei #NamaBaikKampus yang merupakan kolaborasi media Tirto, Vice Indonesia, dan The Jakarta Post, terdapat 179 sivitas akademika dari 79 perguruan tinggi di 29 kota di Indonesia yang pernah mengalami kekerasan seksual di kampus.

Peraturan tersebut untuk mengisi kekosongan hukum mengenai pencegahan dan penanganan korban kekerasan seksual yang kerap diabaikan oleh kampus dan negara. (asep/mgg)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – STIKes Muhammadiyah Kuningan (STIK MK) secara resmi, baru saja membuka Program Studi (Prodi) Rekam Medis dan Informasi Kesehatan pada Senin (19/9/2022)...

Education

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 28 pejabat baru Kampus Universitas Islam Al Ihya (Unisa) Kuningan, resmi dilantik pada Rabu (14/9/2022) siang tadi. Ke-28 pejabat kampus...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kekerasan seksual yang terungkap ke permukaan banyak terjadi di Kuningan akhir-akhir ini. Terakhir adalah kasus (pemerkosaan anak di bawah umur) yang...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kelompok mahasiswa LLDikti 4 di Desa Bayuning Kecamatan Kadugede, mengajak masyarakat untuk mengolah sampah, agar tidak hanya jadi masalah. Salah satunya,...

Advertisement