Bersama Majelis Dzikir Syamsi Syumus, Ziarah ke Makam Sunan Gunung Djati

KUNNGAN (MASS) – Dua hari masa kampanye rapat umum bagi paslon lain, diisi oleh Paslon Sentosa untuk berziarah. Aktivitas Cabup dr Toto Taufikurohman Kosim bersama Cawabup Yosa Octora Santono SSi MM itu bersama Majelis Dzikir Syamsi Syumus dalam kegiatan Tour Safari Dakwah.

Selasa (8/5/2018) kemarin, kedua kandidat ini berkesempatan untuk berziarah ke makam Syekh Syarif Hidayatulloh (Sunan Gunung Jati) di daerah Gunung Jati Cirebon. Di tempat tersebut tampak dr Toto dan Yosa begitu khidmat memanjatkan doa untuk sang ahli kubur yang merupakan salah satu dari 9 orang Wali Songo penyebar agama Islam di tanah Jawa.

Kepada wartawan, Toto merasa sangat senang bisa mengikuti Tour Safari Dakwah tersebut. Menurutnya kegiatan itu sebagai salah satu cara menyegarkan pikiran dan hati setelah beberapa waktu ke belakang disibukkan oleh aktivitas kampanye Pilkada 2018.

“Doa yang dipanjatkan ini adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap penyebar agama Islam di Indonesia. Yang dimakamkan di sini adalah waliyulloh yang berjasa menyebarkan Islam di tanah Jawa termasuk Cirebon dan Kuningan. Sudah menjadi kewajiban umat Islam untuk mendoakan para arwah yang sudah mendahului kita,” tutur Dokter Toto.

Senada dengan Toto, Yosa pun mengatakan ziarah yang dilakukannya bukanlah untuk memohon kepada ahli kubur. Namun untuk mendoakan atas segala jasa-jasanya yang hingga kini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat khususnya berkenaan dengan penyebaran Islam.

“Salah kalau orang datang ke sini untuk memohon kepada ahli kubur. Kami pun berziarah ke sini untuk mendoakan beliau atas segala jasanya yang hingga kini bisa kita nikmati,” ujar Yosa.

Safari dakwah tersebut ternyata dihadiri oleh pimpinan Majlis Dzikir Syamsi Syumus Al Habib Mustafa Bin Abdullah Alaydrus. Kehadiran habib yang sudah dikenal masyarakat luas ini menyimpan kesan tersendiri bagi Toto dan Yosa. Secara antusias, keduanya mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sampai selesai. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com