Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Kenali Kareo Padi Yuk! Salah Satu Burung Yang Dilindungi

KUNINGAN (MASS)- Kareo Padi atau “Amaurornis phoenicurus” ialah spesies burung yang masuk dalam famili “Rallidae”.

Biasanya burung ini dapat ditemukan di rerumputan rawa, sawah, hutan bakau, parit-parit di tepi jalan, dan tentunya di lahan-lahan yang berbau basah serta berair.

Karena lahan basah serta berair yang sering ditempati, maka burung ini dimasukkan dalam kategori “water bird” yakni burung yang mempunyai habitat di tempat berair.

Dikutip dari akun medsos TNGC, burung ini belum ini berhasil diabadikan oleh petugas TNGC  di satu sudut wisata alam tirta gunung Ciremai di Kuningan,.

Tubuh burung Kareo Padi dapat mencapai 20 centimeter (cm) dengan panjang 15 cm. Bentuk tubuhnya ramping dengan ekor pendek.

Sedangkan paruh serta kakinya mempunyai ukuran lumayan panjang. Bulunya berwarna coklat keabu-abuan tua, tetapi muka, tenggorongkan, serta dadanya didominasi warna putih yang mencolok.

Ketika berjalan, ekornya biasa ditegakkan dan warna bagian bawah tubuhnya yang kadru bisa terlihat.

Yup, burung ini suka mengendap-ngendap dalam semak yang lembab untuk bertelur.

Burung ini memiliki suara ‘uwok-uwok’ yang sangat ribut. Beberapa ekor berdendang dengkuran, kuikan, dan ketukan yang berbunyi ‘turr-kruwak’ atau ‘per-per-a-wak-wak-wak’, juga dengan suara lain yang berlangsung sampai 15 menit saat siang dan malam.

Ternyata burung Kareo Padi lindungi peraturan perundangan yang berlaku. Oleh karenanya bila bertemu dengannya, kita cukup ambil fotonya saja jangan diambil atau bahkan ditembak. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

CIAWIGEBANG (MASS) โ€“ Perjalanan sore kuninganmass kali ini, pergi ke Ciawigebang tepatnya ke sekitar Pasar Ciawigebang. Pasar Ciawigebang ini, bisa disebut sebagai salah satu...

Culinary

KUNINGAN (MASS) โ€“ Satu lagi, jenis makanan yang bisa jadi referensi buat kalian pemburu kuliner di Kuningan, makanan ini adalah puyuh penyet. Tentu saja,...

Religious

KUNINGAN (MASS) โ€“ Sudah 40 hari berlalu sejak pertama kali digulirkan gerakan 40 hari pejuang subuh berjamaah. Terhitung sejak 1 Maret hingga 9 April...

Religious

KUNINGAN (MASS) – ๐Ÿ—“Kamis, 3 Ramadhan 1442 H / 15 April 2021 M ๐Ÿ‚๐ŸŒป Hikmah Hari Ini๐ŸŒป๐Ÿ‚ ๐Ÿ“šโ€Œโ€ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ู†ุงุตุฑ ุงู„ุณุนุฏูŠ...

Advertisement