Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Economics

Jelang Ramadhan, Harga Cabai Merah Naik

KUNINGAN (MASS) – Pada awal bulan April ini, menjelang bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi harga cabai naik hingga Rp55 ribu per Kamis (1/4/2021) kemarin.

Harga tersebut, naik Rp5 ribu dari harga pendataan sebelumnya yang hanya Rp50ribu pertanggal 29 Maret lalu.

Pendataan sendiri, dilakukan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Penindustrian Kabupaten Kuningan. Petugas Pendata Arisman.

Kepala Dinas U Kusmana melalui petigas pendata di Pasar Kepuh Risman mendata, setidaknya ada beberapa harga yang memang mengalami kenaikan meskipun ada yang turun.

Namun, dari 8 jenis kebutuhan pokok (Beras, Gula, Minyak, Terigu dan Garam, Sayur Mayur, Daging, Ikan, dan Telur) dengan terdiri lebih dari 30 varian. Kenaikan yang ditunjukan adalah Cabai Merah.

Sejak pertengahan Maret yang harganya Rp40 ribu saja, hingga pendataan terakhir berkisar Rp55 ribu.

Bahkan, saat kuninganmass.com menanyakan pada salah satu pedagang di Pasar Kepuh, Juju di hari Jumat (2/4/2021), harga cabai merah disebutnya Rp60 ribu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Bade marema, biasana dugi tanggal 5 (ramadhan, red). Ke normal deui, terus pas bade lebaran naek deui,” jawabnya saat ditanya waktu-waktu harga naik.

Disebutnya, harga naik biasanya terjadi karena stok yang berkurang drastis. Hal itu tentu karena konsumsi belanja masyarakat meningkat saat awal bulan puasa dan nanti menjelang Ramadhan.

Harga lainnya yang terdata di Dinkodagperin mengalami kenaikan, ada bawang putih, kacang tanah, kacang hijau, dan ikan mas. Semuanya hanya naik kisaran Rp1 ribu-2ribu saja.

Ada juga yang mengalami penurunan harga dari pendataan sebelumnya seperti cabe kriting dan telur. Telur, memang kerap kali mengalami harga dinamis yang tidak jauh. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Netizenmass

KUNINGAN (MASS) – Apa yang anda rasakan ketika berada di kantor saat ramadhan tiba tanpa asap rokok? Apa yang anda rasakan saat berada di...

Government

KUNINGAN (MASS) – Anggota Koramil 1501/Kuningan membagikan takjil pada masyarakat menjelang waktu berbuka puasa. Pembagian takjil ini dilaksanakan di depan markas Koramil 1501/Kuningan, Jumat...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui Dinas Kehutanannya menggelar pengenalan lapangan Petani Milenial. Pengenalan tersebut, dilajukan di kumbung produksi jamur kayu...

Government

KUNINGAN (MASS) –  Memasuki pertengahan April 2021 kenaikan kasus positif di Kabupaten Kuningan masih terjadi. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan kasus untuk update Jumat...

Advertisement