Di Gunung Api Sulit Dipadamkan, Lahan di Perkotaan Malah Dibakar

KUNINGAN (MASS)- Disaat yang lain berdoa agar api yang berada di gunung Ciremai padam, justru ada sebagian warga yang sengaja membakar lahan untuk kepentinga pribadi.  Dampaknya terjadi kebakaraan dan membuat semua pihak direpotkan.

Kebakaran lahan itu terjadi di pada Sabtu (10/8/2019) jam 10.00 WIB. Lokasi kebakaran  terjadi sekitar Jalan Baru Soekarno-Hatta tepatnya  di Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan dengan luas 400 M2.

Berkat kesigapan petugas Damkar dan juga warga api berhasil dipadamkan 20 menit kemudian pasca ada laporan ke Damkar. Dari kejadian ini tidak  korban dan kerugian.

Menurut Plt Kepala UPT Damkar Kuningan, Khadafi Mufti MSi,  sekitar pukul +-10.00 WIB api terlihat pertama kali oleh warga atas nama Rilo (21) yang kebetulan melintas di sekitar Jalan Baru Soekarno- Hatta. Ia  kemudian berinisiatif untuk langsung melaporkan ke Kantor UPT.

Damkar Satpol PP Kab. Kuningan, untuk merespon kejadian tersebut 5 Orang Anggota Regu 3 Damkar Kuningan meluncur ke TKP untuk memadamkan api dan mencegah kebakaran merembet lebih besar. Dengan  dibantu oleh warga yg kebetuan ada di sekitar TKP.

Api bisa di kendalikan pukul 10.20 WIB (20 Menit). Penyebab kebakaran lahan di duga dariadanya aktifitas pembakaran lahan.

“Kepada seluruh warga  sekitar , agar jangan membakar sampah disembarang tempat karena dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, apalagi situasi saat ini sedang musim kemarau,” ujarnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com