Dalam Waktu 30 Menit Harta Benda Nana Ludes

KUNINGAN (MASS)- Sungguh malang nasib Nana (55) Warga Dusun Pahing RT 08/02 Desa Kalimanggis Kulon Kecamatan Kalimanggis. Harta benda yang ia milik baik rumah dan barang berharga ludes terbakar.

Kejadian ini terjadi pada Minggu siang jam 14.00 WIB. Pada saat kejadian korban tengah berada di luar rumah. Dugaan sementara api berasal dari tungku yang berada di ruang dapur.

Saksi pertama yang melihat kobaran api adalah Jamsari (63) tetangga korban. Ia melihat percikan api  berasal  dari tungku dapur.  Lalu, api  merembet ketumpukan kapuk lalu melebar keseisi rumah.

Sayangnya laporan ke pihak Damkar Kuningan terlambat sehingga dalam hitunga waktu 30 menit api dengan menghangsukan semua yang ada di rumah Nana. Warga sendiri dengan susah payah memadamkan secara manual.

Kencangnya hembusan aing ditambah pemadaman yang menual membuat harta berharga Nana itu tidak bersisa. Pihak Damkar sendiri datang pada Jam 14.35 WIB dan langsung melakukan pendingan.

“Akibat musibah ini korban mengalami kerugian mencapai Rp120 juta. Korban sendiri untuk sementara tinggal di kerabat terdekat,” ujar Kades Kalimanggis Kulon, Tatang.

Meski rumah Nana ludes, Tatang bersyukur dalam peristiwa ini tidak ada korban dan api tidak merembet ke rumah yang lain. Kejadian ini harus menjadi pembelajaran semua warga bahwa musibah bisa datang kapan saja.

Terpisah, Plt Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti menerangkan, hasil pendataan kerugian sebesar Rp200 juta. Adapun rinciannya adalah bangunan Rp180 juta dan isi rumah baik barang maupun surat senilai Rp20 juta.

“Kebutuhan mendesak korban adalah perbaikan rumah, makanan, obat-obatan dan pakaian. Semoga kejadian membuat warga lebih waspada,” jelasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com