Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Hektaran Lahan Kurang Produktif, Disulap Dandim Jadi Agrowisata dan Akses Jalan

KUNINGAN (MASS) – Puluhan hektar lahan hutan di Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede, disulap Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan dan jajaran menjadi area agrowisata dan akses jalan.

Setidaknya, sekitar 30 hektar lahan disulapnya jadi lahan produktif, dengan akses jalan yang menghubungkan 4 desa, yakni Desa Sindangjawa, Desa Longkewang, Desa Nangka dan Desa Ciketak.

Selain jalan biasa, Dandim juga membuka akses wisata dan rencananya akan menggelar gasstrack tingkat nasional pada 14 Agustus 2022 mendatang.

Kepala Desa Oom Komariyah, dalam keterangannya ke publik mengatakan rencana awalnya hanya akan dibuka jalan untuk usaha tani (JUT).

“Pak Dandim melihat 100 hektaran lahan  kurang produktif. Sehingga timbul ide untuk membuka akses jalan. Seperti yang kita lihat bersama, saat Bupati Kuningan beserta jajarannya meninjau lokasi ini, puluhan mobil dan ratusan masyarakat bisa sampai kegunung ini,” ujarnya Sabtu (9/07/2022) kemarin.

Panjang jalan (JUT) yang terbangun dan jadi akses untuk menghubungkan 4 desa tapi, mencapai kurang lebih 10 km. Tadinya, merupakan hutan/lahan tidur dengan hanya jalan setapak. Karena akses kecil itu, banyak petani dan pekebun kesulitan membawa hasil panennya.

“Alhamdulillah, berkat Pak Dandim beserta jajarannya, kini masyarakat bisa dengan mudah membawa hasil panennya. Dan, tentunya perekonomian di 4 desa ini pasti bisa meningkat,” ucapnya.

Saat ini, setelah adanya jalan baru tersebut, lanjut Kades, warga sudah banyak yang datang untuk sekedar main, juga berkemah.

Sementara, pihak TNI melalui Danramil 1502/Kadugede Kapten Inf Nandang Hendarsyah juga mengiyakan kedepan, selain akses jalan akan dibuat agrowisata, wisata religi dan area grasstrack.

Agrowisata yang akan dikembangkan, dengan cara menanam jenis pohon buah-buahan seperti duren, alpukat, serta kurma yang kesemuanya bersertifikat.

Sebagian lagi akan ditanami jagung, kacang yang akan sama-sama digarap masyarakat desa sekitar.

Sedangkan, wisata religi yang akan dikembangkan adalah situs makam keramat yang ada di Gunung Mayana.

“Bahkan 2 tahun kedepan rencana beliau akan dibangun villa dengan konsep ramah lingkungan. Karena beliau kan latar belakangnya arsitek,” ujar Danramil.

Sementara, Bupati beserta jajaran Forkopimda yang turut meninjau langsung juga mengapresiasi apa yang dilakukan Letkol Czi David Nainggolan.

Selain mengutarakan kesalutannya, Acep juga dalam kesempatan itu berharap besar bahwa akses jalan yang dibangun bisa berdampak besar bagi masyarakat. Terutama para petani dan pekebun. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Ketua LSM Geram (Gerakan Rakyat Marjinal), Rudi, kembali mempertanyakan rencana pembangunan jalan lingkar yang dianggapnya, jaminan dari pusatnya belum jelas. “Ayo...

Village

KUNiNGAN (MASS) – Tahun 2023 nanti, bakal banyak prajurit TNI yang turun ke Desa Sukaraja Kecamatan Ciawigebang. Para anggota TNI itu, rencananya bakal menggelar...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Menjelang Hari Pahlawan yang akan jatuh pada 10 November 2022 nanti, Kodim 0615/Kuningan menggelar Bedah Rumah. Tahun ini, yang diperbaiki adalah...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 15 rumah, akan tergusur untuk pembangunan jalan baru lingkar timur selatan, Sindangagung – Kadugede. Hal itu, diutarakan Kepala Dinas PUTR...

Advertisement