Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Hari Tasyrik Sudah Lewat, Ini Hikmah Yang Harus Diambil Dari Idul Adha dan Kisah Nabi Ibrahim

KUNINGAN (MASS) – Setelah lewat hari tasyrik, tiga hari waktu qurban setelah idul adha, banyak hal yang harus jadi hikmah untuk umat islam. Setidaknya, ada empat poin yang harus diteladani dari kisah keluarga Nabi Ibrahim, kisah yang sering dianggap sebagai cikal bakal idul qurban.

Keempat hikmah Idul Adha itu, disampaikan langsung Ketua STKIP Muhammadiyyah Nanan Abdul Manan M Pd.

“Inti dari Idul Adha itu, bagaimana kita meneladani dari apa yang dilakukan Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar,” ujarnya di momentum pelaksanaan Qurban kemarin.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Keempat hikmah itu, lanjut Nanan, mulai dari kisah Nabi Ibrahim yang demokratis saat mendapat wahyu berupa mimpi untuk menyembelih sang anak, Nabi Ismail. Kala itu, Nabi Ibrahim mengkomunikasikan hal itu kepada Nabi Ismail.

Ketua STKIP Muhammadiyyah, Nanan Abdul Manan M Pd

“Dan ini, jadi citra positif untuk pemimpin hari ini, bahwa untuk memutuskan sesuatu harus dipertimbangkan dan dikomunikasikan terlebih dahulu,” ucapnya.

Hikmah selanjutnya yang bisa diteladani, lanjutnya, Nabi Ibrahim adalah sosok yang selalu bersyukur atas apa yang diberikan Allah SWT. Nabi Ibrahim juga sosok suami dan kepala keluarga yang bijaksana. Sebelum menjadi pemimpin umat, seseorang itu harus juga bisa memimpin di keluarga.

“Terakhir, Ibrahim adalah nabi yang senantiasa taat, sehingga beliau contoh teladan, bagaimana beliau mampu melaksanakan ritual keibadahan vertikal dan horizontal,” tuturnya.

Sebelum menjelaskan hikmah Idul Adha, Nanan mengatakan pelaksanakan Idul Adha untuk perserikatan Muhammadiyyah dilakukan sehari sebelum Idul Adha yang ditetapkan pemerintah. Pada Sabtu (9/7/2022) lalu, ada tiga tempat Muhammadiyyah yang menggelar shalat ied, yakni STKIPM Kuningan, SMK Muhammadiyyah 3Jalaksana, serta PCM Kutaraja Maleber.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di STKIP sendiri, diperkirakan lebih dari 2000 jemaah dari berbagai penjuru Kuningan, mengikuti pelaksanaan Idul Adha di STKIPM Kuningan dengan Imam Ust Samyaji Lc dan Khatib Ust Dadan Rohmatun Lc. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Idul Adha tahun ini, Polres Kuningan menyembelih setidaknya 28 ekor hewan qurban yang terdiri dari 8 sapi dan 20 kambing. Daging...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Ada yang berbeda dipelaksanaan qurban tahun ini, DT Peduli Kuningan gelar qurban bersama sahabat disabilitas. Ya, kegiatan ini bisa dibilang merupakan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 1050 warga Kuningan dan Majalengka yang tersebar di berbagai desa, menerima daging qurban yang disalurkan DT Peduli Kuningan. DT Peduli...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada moment Idul Adha kemarin, dimeriahkan oleh berbagai kegiatan oleh umat islam. Tak ketinggalan, mahasiswa KKN IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang...

Advertisement