Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Gunung Ciremai Paling Digandrungi Wisatawan

KUNINGAN (MASS)- Ditengah-tengah isu hangat masalah Balai Taman Nasional Ciremai yang diinginkan oleh banyak  pihak menjadi taman hutan rakyat, ternyata gunung Ciremai merupakan taman nasional  di Indonesia yang paling banyak dikunjungi.

Total ada 54 taman nasional di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Puluhan kawasan konservasi ini menawarkan panorama alam hutan, gunung, dan laut sebagai daya tarik wisatawan untuk melakukan penelitian, menambah ilmu pengetahuan, pendidikan, melihat budaya lokal, pariwisata, dan rekreasi alam bagi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Penetuan TNGC menjadi taman nasional yang banyak dikunjungi adalah dari  Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) Ditjen KSDAE Kementerian LHK. Mereka pada tanggal (27/1/2020)  merilis 10 taman nasional dengan pengunjung nusantara dan mancanegara terbanyak.

“Beragam keunikan dari 54 taman nasional memiliki pesona alam yang berbeda-beda, sehingga banyak pengunjung tertarik karena alam taman nasional yang eksotis”, tulis IG @ayoketamannasional_ official acount Direktorat PJLHK @kementerianlhk.

Menyikapi hal ini, Agus Yudantara, Humas Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mengatakan,  keberhasilan ini merupakan kerja keras semua pihak mulai dari Pemerintah Daerah (Pemda) hingga masyarakat sekitar gunung Ciremai melalui konsep Kedaulatan Rakyat.

Agus menambahkan, ke depan semua  pihak harus mampu memanfaatkan potensi wisata gunung Ciremai agar bisa optimal dinikmati semua lapisan baik Pemda, swasta, dan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung melalui mekanisme aturan yang berlaku di kawasan konservasi”.

“Saat ini kita sudah didukung transportasi yang cukup memadai seperti bus, kereta api, dan bandara. Tapi kita pun mesti mempersiapkan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang mumpuni. Misalnya kemampuan berbahasa internasional”, jawab Agus saat ditanya kiat menarik wisatawan mancanegara.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Melunaknya sikap Pemkab Kuningan terhadap rencana eksplorasi energi panas bumi (geothermal) mendapat reaksi pula dari GMNI dan PMII Kuningan. Mereka menilai...

Social Culture

KUNINGAN  (MASS)-  Wilayah Kabupaten Kuningan yang terdiri dari 32 kecamatan dan 376 desa/kelurahan banyak menyimpan peninggalan sejarah. Salah satunya dalah petilasan Pangeran Cakrabuana di...

Education

KUNINGAN (MASS)- Sebanyak tujuh orang anggota tarung derajat disabuk di puncak gunung Ciremai. Momen langka ini tentu membuat tujuh orang yang tergabung dalam UKM...

Government

KUNINGAN (MASS) – Meski potensi pendapatan yang dapat diperoleh dari kerjasama dengan PAM Indramayu mencapai Rp6,2 miliar namun PAM Kuningan tak mau memaksakan. Ini...

Advertisement