Pengelolaan Sampah di Desa Agar Jadi Obyek Pemeriksaaan Inspektorat

KUNINGAN (MASS)- Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar, MSi, melakukan pembinaan kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan di Aula DLH Kabupaten Kuningan, Jumat (10/5/2019). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan instansi tersebut.

“Pak Sekda tadi menyampaikan pembinaan soal kepegawaian, kedisiplinan kinerja serta hal lainnya. Tujuaanya dalam untuk  menciptakan Kuningan yang bersih dan Indah serta persiapan Kuningan menjadi Kabupaten Pariwisata,” tandas Kepala DLH Kabupaten Kuningan, H Amirudin MSi.

Pemerintah Kabupaten Kuningan mengharapkan semua desa di Kabupaten Kuningan menerapkan peraturan daerah tentang pengelolaan  sampah. Hal itu sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2010.

“Saya juga telah menyampaikan kepada pak Sekda terkait pelaksanaan pengelolaan sampah di desa agar menjadi obyek pemeriksaaan inspektorat. Artinya jika desa tidak melakukan pengelolaan sampah menjadi temuan inspektorat,” kata Amirudin.

Amirudin, menerangkan  timbunan sampah di Kabupaten Kuningan diperkirakan tiap hari mencapai 400 ton. Namun baru bisa ditangani 75 ton per hari.

“Artinya ada sekitar 325 ton per hari yang belum bisa ditangani. Tak heran jika banyak sampah yang berceceran dan dibakar dan lain sebagainya,” ujar Amir. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com