Pemda Bakal Pasang CCTV di 21 Titik Rawan

KUNINGAN (Mass) – Pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuningan berencana bakal memasang Closed Circuit Television (CCTV) di 21 titik, khususnya di lokasi-lokasi rawan. Tak hanya CCTV, Dishub bakal mengoptimalkan seluruh Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada hingga pemasangan traffic lights (lampu lalu lintas) atau traffic warning di perlintasan padat kendaraan.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Dishub Kuningan Deni Hamdani SSos MSi saat ditemui awak media, Kamis (6/4), ketika menerima kunjungan lapangan Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada ST di kantornya. “Kita bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk pemasangan CCTV di 21 titik. Kita sampaikan pula bahwa pemasangan itu dilakukan di titik potensi rawan trantribum dan rawan lakalantas, termasuk di wilayah perbatasan akan dipasang,” ucap Deni.

Sejumlah titik yang akan dipasangi CCTV itu lanjut Deni, seperti di perbatasan Tugu Kujang, Cikancas, Tugu Ikan Sampora, Pasar Cilimus, Manis Lor, Cigugur, Darma, KIC, Tugu Bola Dunia di Jalan Ir Soekarno-Hatta dan sebaran lokasi lainnya. Terlebih, pemasangan CCTV di 21 titik vital itu akan dioptimalkan pengoperasiannya, walaupun sebelumnya telah memasang CCTV di delapan titik.

“Nanti pemasangan CCTV itu bisa dipantau langsung, bisa dilihat di Dishub, Diskominfo, dan di kantor Pak Bupati juga bisa langsung memonitor. Jadi kita bisa mengawasi bersama-sama, kalau ada kemacetan nanti anggota kita on call, misalnya nih ada macet di jalur A langsung bergerak semua,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada ST mengaku, kegiatan kunjungan lapangan ke Dishub dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi jabatannya, dalam memantau kinerja perangkat daerah.

“Fungsi saya itu kan ada tugas dalam memantau penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah. Dishub ini kan bagian dari perangkat daerah, saya kesini ingin memastikan dan memantau bahwa, penyelenggaraan pemerintahan disini tidak ada kendala, baik dari sisi birokrasi, regulasi maupun sarana dan prasarananya,” jelasnya.

Bahkan Wabup Desem sapaan akrab Dede Sembada sangat mengapresiasi, langkah yang akan dilakukan Dishub untuk memasang CCTV di sejumlah lokasi potensi rawan.

“Ini salah satu langkah yang bagus, dalam menjamin keamanan, kenyamanan, dan ketertiban. Adanya CCTV itu ya mudah-mudahan, segala aktivitas di jalan raya terpantau, baik dari sisi kemacetan, atau ada tindak kejahatan, dan ini salah satu bentuk komitmen kita untuk senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Adanya pemasangan CCTV nanti, bagi Wabup Desem, hal itu dinilai sebagai wujud untuk menjawab keresahan warga masyarakat dan bisa hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menciptakan keamanan.

“Tapi memang dalam pelaksanaan tidak ada dalam satu pemerintahan yang bisa menjamin keamanan 100, paling tidak meminimalisir, dan itu upaya kita bersama-sama,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com