Musrenbang Ciniru Bahas Usulan 9 Desa

KUNINGAN (MASS)- Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda, SH M.Si menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembanguna Tingkat Kecamatan Ciniru, Selasa (21/01/2020). Kegiatan  dihelat di aula kecamatan setempat.

Selain Wabup, Musrenbang juga dihadiri sejumlah Anggota DPRD Kab.Kuningan Dapil I, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Ciniru, Tim Monitoring dari Kabupaten, para Kepala UPT/UPTD, Kepala Desa, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Ciniru serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam Musrenbang tersebut, Camat Ciniru Indra Nugraha Ishak, SSTP MSi mengatakan, Musrenbang merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan yang meliputi bidang pembangunan, kesehatan, pendidikan, perekonomian dan lainnya.

“Dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Ciniru akan membahas usulan dari 9 desa. Selain untuk penyusunan RKP Tahun Anggaran 2021 dalam Musrenbang juga akan dilakukan evaluasi dari kegiatan tahun sebelumnya. Untuk itu diharapakan, melalui Musrenbang kali ini diperoleh perencanaan yang matang demi kemajuan Kecamatan Cinuru kedepannya,” kata Indra.

Senada, Anggota DPRD  Kuningan Dapil I Drs H Nunung Sanuhri, M.Pd, mengemukakan, Musrenbang adalah mekanisme tahunan yang dimulai dari Musdus, Musdes hingga ke jenjang yang lebih tinggi yang bersifat aspiratif. Karena aspiratif, seluruh peserta memiliki hak suara untuk memberikan usulan dalam perencanaan.

“Musrenbang merencanakan kebutuhan bukan keinginan masyarakat, sehingga dalam perencanaan harus mengedepankan skala prioritas. Untuk itu kepada Kepala Kades harus memanfaatkan Dana Desa dengan sebaik-baiknya. Semoga Musrenbang yang dilaksanakan sekarang inidapat memenuhi harapan semua masyarakat di Kecamatan Ciniru,” ungkapnya.

Sementara, Wabup H.M Ridho Suganda, SH MSi, mengatakan, Musrenbang merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan karena berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pembangunan di masa yang akan datang. Namun dalam Musrenbang, menurut Wabup, harus menyamakan visi dan misi selaras dengan arus pembangunan dari hulu ke hilir agar tidak terjadi tumpang tindih kebijakan.

“Kepada para Kepala Desa, agar ususlan-usulan yang disampaikan dalam Musrenbang kali ini sesuai dengan Visi dan Misi Pemkab Kuningan, supaya perencanan pembangunan dapat berjalan selaras dengan Vis Kuningan MAJU. Dan hasil Musrenbang yang ditetapkan harus kita sepakati dan laksanakan bersama,” tuturnya.

Selanjutnya berkaitan dengan Dana Desa Wabup berpesan, agar para Kepala Desa memprioritaskan penggunaan Dana Desa untuk kegitan pemberdayaan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kuningan.

“Saya prihatin dengan predikat Kuningan sebagai kabupaten termiskin kedua di Jawa Barat. Untuk itu saya berpesan kepada bapak-bapak Kades untuk memprioritaskan penggunaan Dana Desa untuk kegitan pemberdayaan, supaya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kuningan dapat terwujud,” tegasnya.

Selain itu Wabup meminta, sektor pendidikan dan kesehatan harus menjadi perhatian serius, agar generasi penerus dapat hidup sehat dan pintar sehingga dapat meneruskan pembangunan di Kabupaten Kuningan.

Diwaktu yang sama, Musrenbang juga dilaksanakan di Kecamatan Cilimus dihadiri Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH MH dan Musrenbang Ciawigebang dihadiri Sekretaris Daerah Dr H Dian Rachmat Yanuar, MSi. (agus)