Kunjungi LKKS Terbaik se-Jawa Tengah

KUNINGAN (MASS) – Usai dilantik Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Kuningan periode 2019-2024 dibawah kepemimpinan Hj Ika Acep Purnama langsung bergerak dengan  melakukan kunjungan kerja dan rapat kerja ke Kota Surakarta Jawa Tengah.

Para pengurus LKKS Kabupaten Kuningan, bertolak menuju Kota Surakarta dengan beberapa agenda. Diantaranya, hari jum’at (22/03/2019) Kunjungan kerja ke LKKS Surakarta yang dipusatkan penerimaannya di Loji Gandrung Rumah Dinas Walikota Surakarta, di Jalan Slamet Riyadi.

Rombongan yang semula akan disambut penerimaannya oleh Walikota Surakarta, karena ada agenda penting, akhirnya penerimaan di wakilkan kepada Sekretaris Dinas Sosial Kota Surakarta, Eko Nugroho.

Ketua LKKS Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama didampingi Dewan Penasihat LKKS, H. Dian Rachmat Yanuar memaparkan maksud dan tujuan, serta pemaparan beberapa program guna bertukar pikiran.

“Karena salah satu alasan LKKS Kabupaten Kuningan memilih untuk berkunjung ke LKKS Kota Surakarta, karena LKKS Surakarta merupakan LKKS terbaik Se-Jawa Tengah. Jadi tidak ada salahnya kami belajar serta mengadopsi program-program yang dianggap bermanfaat untuk kesejahteraan sosial di masyarakat,”papar Ika.

Sepak terjang LKKS Kabupaten Kuningan sejauh ini telah mendapat apresiasi baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Diantaranya, pada tahun 2011 mendapat penghargaan tertinggi dari Presiden Republik Indonesia “Satya Kebhaktian Sosial”.

Pada tahun 2014 mendapat penghargaan dari BK3S Provinsi Jawa Barat sebagai LKKS Terbaik Se-Jawa Barat, dan pada tahun 2018 Ketua LKKS Kabupaten Kuningan mendapat meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dari Pemerintah RI melalui BKKBN.

“Eksistensi LKKS Kabupaten Kuningan sejauh ini tidaklah menjadikan kami sombong dan berpuas diri. Karena masih banyak hal-hal yang perlu kami pelajari dan adopsi dari daerah lain, sehingga kami bisa berbuat lebih dalam membantu pemerintah daerah sebagaimana Visi Kabupaten Kuningan menciptakan masyarakat yang Ma’mur, Agamis dan Pinunjul berbasis Desa Tahun 2023,”terang Ika.

Beberapa hal yang luar biasa dari LKKS Surakarta, keberhasilan LKKS Surakarta yang bisa mencari dan memberi kepercayaan kepada pelaku dunia usaha untuk menyalurkan dana CSR nya. LKKS Surakarta mengelola dana CSR hingga satu miliar setiap tahun dari titipan para donator pribadi dan perusahaan yang ada di solo.

Kemudian LKKS Kota Surakarta mempunyai 42 LKS (Lembaga Kesejateraan Sosial) yang salahsatu LKS-nya menjadi pusat rehabilitasi penyandang cacat tingkat Nasional.Agenda kedua LKKS Kabupaten Kuningan di Kota Surakarta, yakni menggelar Rapat Kerja (Raker) seluruh pengurus.

Keberhasilan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKKS) memerlukan dukungan yang optimal dari pemerintah. Hal tersebut dikemukakan dalam rapat kerja, yang diselenggarakan pada Jum’at (22/03/2019).

Dalam forum raker, dipaparkan pula peran dan kapasitas LKKS Provinsi dan LKKS Kabupaten/Kota, rencana kerja LKKS kedepan serta sarana untuk memperluas wawasan dalam pelayanan penyandang masalah kesejahteraan sosial.

“Raker LKKS ini merupakan ajang penguatan eksistensi serta peran LKKS dan LKS dalam pelayanan sosial, sebagai bentuk upaya pemantapan dan penguatan kapasitas organisasi LKKS serta bersinergi dengan pemerintah untuk menjawab permasalahan sosial yang makin kompleks dewasa ini,”ujar Ketua Harian LKKS Kuningan, Hj Tuti.

Sementara itu, Ketua Umum LKKS Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pengurus atas kesediaan dan kehadiran pada rapat kerja pertama LKKS untuk merumuskan program kerja lima tahun yang akan datang.

“Dalam kesempatan ini saya selaku Ketua Umum LKKS mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk memimpin , atau mengkoordinasikan, atau memfasilitasi,pelaksanaan dan pengembangan program dan kegiatan periode 2014-2019,”terang Ika.

Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sekretaris Daerah yang dari awal kepemimpinan saya di LKKS mulai tahun 2016-2019 selalu mendampingi dan memberi arahan sampai akhirnya saya terpilih kembali untuk periode 2019-2024.

“Kepedulian beliau kepada organisasi  terbukti dengan kehadirannya secara langsung dalam rapat kerja hari ini di Kota Surakarta Jawa Tengah. Semoga kehadiran beliau menjadi awal kesuksesan dan kelancaran LKKS Kabupaten Kuningan,”harapnya.

Sesuai tugas dan fungsinya yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar, untuk mencapai tujuan pengurus LKKS menetapkan Visi dan Misi serta pokok-pokok program kerja sebagai berikut. Sesuai dengan Visi Kabupaten Kuningan maka Visi LKKS Kabupaten Kuningan yaitu, terwujudnya sistem koordinasi pelayanan kesejahteraan sosial mencapai masyarakat yang Ma’mur, Agamis dan Pinunjul berbasis Desa Tahun 2023.

Misi sebagai penjabaran Visi Kabupaten Kuningan dan Misi LKKS Kabupaten Kuningan, dalam kegiatan diantaranya, menyebarluaskan informasi Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PKS), penyelenggaraan koordinasi dan pengembangan kegiatan kesejahteraan sosial, pengembangan potensi serta partisipasi masyarakat dalam kegiatan PKS.

“Kemudian, pemberdayaan Orsos dalam pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), dan penyelenggaraan pelayanan sosial dan pemberdayaan PMKS,”papar Ika.

Agenda terakhir LKKS Kabupaten Kuningan di kota Surakarta, berkunjung ke National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) pada Sabtu (23/03/2019). Untuk menyerap informasi eksistensi NPCI dalam pembinaan atlit disabilitas, sekaligus melihat lokasi asrama.

Rencana akan dikirimnya atlet NPCI Kabupaten Kuningan pada pelatnas, atas nama Tita Puspita Catur B2 dan Insan Nurhaida atletik T 37 100, 200 meter, yang akhir Maret direncanakan dimulai. Insya Allah Ketua LKKS Kabupaten Kuningan akan melepas atlet  tersebut. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com