Ini Solusi Agar Nenek Darsiti Tidak Tinggal Dekat Kandang Kambing

KUNINGAN (MASS)- Camat Cibingbin Bagja Gumilar mengatakan, terkait masalah nenek Darsiti yang tinggal di gubuk dekat kandang kambing pihaknya tenga mencari solusi yang terbaik. Pihaknya bersama dengan Pemdes Cipondok sudah  mengecek ke lokasi.

“Kemarin siang sudah cek lokasi. Iya Ibu Darsiti warga Desa Cipondok tinggal di rumah sementara yang dekat  kandang kambing,”ujar Bagja kepada kuniganmass.com, Rabu (6/3/2019).

Diterangkan, menurut keterangan anak kandung  nenek  Darsiti, bahwa ibunya  tidak mau tinggal bersama anak kandung di rumah permanen.  Begitu juga tidak mau tinggal bersama cucunya yg sudah punya rumah permanen, sehingga selama 2 bulan ia lebih memilih tinggal di rumah sementara dekat dangan kandang kambing tersebut.

“Rumah dan kandang tersebut menumpang di tanah milik orang lain. Anaknya sudah berupaya mengajak tapi tidak mau. Semoga nanti pihak desa berhasil membujuknya agar mau di anaknya atau cucunya,” ujarnya.

Camat mengerakan, Nenek Darsiti, putranya dan  juga  cucunya  masuk kedalam  kategor  kategori miskin. Tahun 2015, si nenek  mendapatkan bantuan  perbaikan rumah program BSPS. Namun,  waktu bulan Februari  rumahnya roboh, karena  tanahnya labil.

Anaknya juga lanjut Bagja  juga mendapatkan bantuan   perbaikan rumah program BSPS lokasi diatas rumah nenek Darsiti. Cucunya juga  sama mendapakan  perbaikan rumah program BSPS.

Bagja menjelaskan, pemerintah desa sedang berupaya untuk mempertimbangkan kondisi ini dengan anak dan cucunya. Langkah pertama pihak desa akan membujuknya  agar mau tinggal bersama anak kandungnya maupun dengan cucunya yang sama-sama sudah punya rumah permanen.

Hal ini lanjut camat, mengingat usianya yang sudah udzur sehingga lebih elok jika tidak tinggal sendirian secara terpisah dari anak atau cucunya. Tentu akan lebih terperhatikan.

“Sekali lagi setelah  kejadian roboh, Bu Darsiti diajak sama putranya tapi tidak mau. Kemudian sama cucunya juga sama tidak mau . Akhirna dibuat  rumah sementara buat Bu Darsiti, sebelum ada solusi  buat  rumah tinggal tetapnya,” tandasnya.(agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com