Dandim: TMMD Untuk Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal

KUNINGAN (Mass) – Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat SIP menyebut, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dilakukan sebagai wujud dalam membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan, khususnya bagi daerah tertinggal. Jelas, sasaran kegiatan sosial ini tak lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“TMMD ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah mempercepat pembangunan di daerah tertinggal. Pelaksanaan didasarkan dari bawah yakni dari desa lalu di follow up menjadi kegiatan TMMD, tentunya sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah, dalam hal ini Pak Bupati,” ucap Dandim Arief saat memaparkan rangkaian kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan di Desa Sindang Lebakwangi Kuningan, Rabu (5/4).

Menurutnya, TMMD dilakukan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bidang fisik maupun non fisik, dan diberdayagunakan untuk kepentingan pertahanan negara. Adapun sasarannya, kali ini TMMD akan melakukan pengaspalan jalan sepanjang 1100 meter dengan lebar 2,5 meter.

“Namun demikian, atas petunjuk Pak Bupati kami mencoba mensinergiskan dengan dinas-dinas yang ada, sehingga kami mendapat sinergitas berupa tambahan kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas namun terkoordinasi seperti penghijauan hutan rakyat 820 pohon, dan kita baru mendapat tambahan lagi sebanyak 1000 pohon dari Perhutani. Selain itu ada pula pengecatan sekolah dasar, perehaban Rutilahu, pemasangan PJU, pemasangan gorong-gorong, pembangunan jamban, rehab kolam dan bibit ikan serta kegiatan lain,” sebutnya.

Adapula untuk kegiatan non fisik kata Dandim Arief, yaitu seperti ditekankan pada sosialisasi kesadaran bela negara, wawasan kebangsaan, pengetahuan masyarakat di bidang hukum, kesehatan, bahaya anti narkoba dan lainnya. TMMD akan digelar selama satu bulan, dan ditutup resmi pada tanggal 4 Mei mendatang. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com