Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Agresi Militer Ke-2 dan Lahirnya Kodim 0615 Kuningan

KUNINGAN (MASS) –  Pada Jumat (9/12/2022) kemarin, Kodim 0615 Kuningan menggelar peringatan HUT ke-59 di Aula Mashud Wisnusaputra Makodim Jl RE Martadinata – Kuningan. Moment sakral ini, diperingati para prajurit dengan berbagai kemeriahan.

Kegiatan sendiri, diawali dengan pengarahan Komandan Letkol Inf Bambang Kurniawan. Dalam pengarahannya itu, dikatakan bagaimana Kodim 0615 ini berdiri pada tahun 1963.

Awalnya, Kodim Kuningan masih berupa Batalyon. Kuningan disebut sebagai kota tertua saat agresi militer ke-2 setelah gagalnya perundingan Linggarjati. Saat itu, Residen di Kota Cirebon sempat chaos, dan akhirnya pemerintahan mundur ke Kuningan, tepatnya di Kecamatan Ciwaru terbentuk pemerintahan untuk melawan Belanda.

Dikatakan Bambang, beberapa yang jadi tonggak sejarah perjuangan bukan hanya Kecamatan Ciwaru, tapi ada juga di Kadugede, Pancalang dan Posko Kesehatan di Cigugur. Bersamaan dengan itu, turun keputusan Pangdam, bahwa mulai 8 Dsember 1963 di Kabupaten Kuningan berdiri Kodim 0615 Kuningan.

Moment ulang tahunnya bersamaan dengan Korem 063/SGJ Cirebon. Karenanya di Kuningan digelar sehari setelahnya (mundur sehari).

“Kita punya tagline Korem 063 /SGJ dan Kodim jajaran adalah satria pelindung rakyat di tanah wali. Kita bangga jadi prajurit Kodim 0615 Kuningan. Ini moment sakral, sudah lama tidak ada Ultah Kodim 0615 Kuningan. Alhamdulillah, ultahnya semua bahagia,” ungkap Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan, disela pidato.

Kegiatan sendiri, diisi dengan banyak keseruan seperti senam jumba, senam manuk dadali, serta lomba memasak para Danramil, dan pembagian tropi untuk lomba bola voli, lomba memasak dan tenis lapangan. Kegiatan semakin meriah dengan banyaknya doorprize yang dibagikan seperti belasan sepeda gunung, kulkas, televisi, mesin cuci, kipas angin, kompor gas dan ratusan hadiah menarik lain.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kuningan, H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si, bersama Forkopimda Kabupaten Kuningan, Perwakilan Korem 063/SGJ Cirebon, Ketua DPRD Kab. Kuningan Nuzul Rchdy, SE, Sejumlah Kepala SKPD dilingkup Pemkab Kuningan, sejumlah pmpinan BUMN dan BUMD, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wabup Ridho menyampaikan ucapan selamat ulang untuk Kodim 0615/Kuningan. Dirinya berharap, diusia yang ke-59 tahun, Kinerja Anggota TNI Kodim 0615/Kuningan semakin berprestasi dan profesional. Dirinya juga berharap bisa terus menjalin kerjasama untuk memerangi permasalahan di Kuningan seperti kemiskinan, buta huruf, pelayanan kesehatan, infrastruktur dan banyak lagi.

“TNI harus tetap jadi kebanggaan masyarakat dan kebanggaan ini, dapat terus bertahan dengan prestasi dan kinerja TNI yang semakin profesional dari waktu ke waktu. Semoga HUT ke-59 Kodim 0615/Kuningan ini, menjadi momentum agar TNI kita semakin kuat, hebat dan tangguh,” pesan Wabup. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Village

KUNiNGAN (MASS) – Tahun 2023 nanti, bakal banyak prajurit TNI yang turun ke Desa Sukaraja Kecamatan Ciawigebang. Para anggota TNI itu, rencananya bakal menggelar...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Menjelang Hari Pahlawan yang akan jatuh pada 10 November 2022 nanti, Kodim 0615/Kuningan menggelar Bedah Rumah. Tahun ini, yang diperbaiki adalah...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Pada Selasa (20/9/2022) kemarin, anggota Kodim 0615/Kuningan mengikuti kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) TW III TA 2022. Latihan tembak itu,...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Sebuah video menampilkan 3 anggota TNI di sekitar Gunung Ciremai menyebar. Dalam video berdurasi 1 menit 11 detik itu, terdengar suara...

Advertisement