Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Gelar Pembinaan Olimpiade MIPA SD

KUNINGAN (MASS) – Dalam kejuaraan olimpiade MIPA SD yang dilaksanakan setiap tahun, perwakilan Gugus Ahmad Yani Kecamatan Kuningan selalu berpartisipasi dan meraih juara. Namun beberapa tahun terakhir, prestasi itu tidak diraih. Dengan kondisi itu, tim PKM STKIP Muhammadiyah melakukan pembinaan selama 3 bulan (Juli-September).

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan bentuk pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Abdul Rosyid MPd dan Muhammad Noor MPd serta dilaksanakan oleh tim dosen pendidikan matematika dan PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan

Koordinator pengawas TK dan SD Kecamatan Kuningan H Herman MPd mengatakan, Olimpiade MIPA sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya disetiap jenjang pendidikan khususnya pada tingkatan SD. Kecamatan Kuningan sendiri khususnya di Gugus Ahmad Yani sudah sering mengikutsertakan perwakilan peserta didiknya untuk mengikuti kejuaraan olimpiade MIPA SD.

“Namun beberapa tahun terakhir kurang berprestasi pada kejuaraan tersebut. Hal ini dikarenakan berbagai kendala yang dihadapi. Kendala tersebut kemungkinan dikarenakan pada pemilihan peserta yang belum tepat dan pembinaan yang kurang maksimal. Padahal dulu sering berprestasi,” ujar Herman pada saat pembukaan kegiatan pembinaan, Rabu (24/7/2019).

Ketua tim PKM Abdul Rosyid MPd mejelaskan, kegiatan tersebut merupakan program hibah Kemenristekdikti. Dalam melaksanakan kegiatan pembinaan olimpiade, tim PKM STKIP Muhammadiyah Kuningan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Ahmad Yani Kecamatan Kuningan.

“Rencananya kegiatan ini akan berlangsung sekitar tiga bulan dari mulai Juli sampai September yang diikuti oleh guru kelas 5 dan 6 masing-masing 10 orang, serta melibatkan 20 siswa kelas 5 SD se-Gugus Ahmad Yani Kuningan,” jelas Abdul Rosyid yang didampingi anggota tim PKM, Muhammad Noor MPd.

Tujuan dari kegiatan itu, lanjut Adro sapaan akrabnya, agar siswa SD di Gugus Ahmad Yani kelak bisa berprestasi dalam olimpiade MIPA, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Ini adalah upaya kami dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mudah-mudahan kelak ada siswa SD disini (Gugus Ahmad Yani, red) yang berprestasi dalam olimpiade,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Gugus Ahmad Yani Nono yang didampingi salah satu perwakilan kepala sekolah mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat baik dan bagus seperti yang diharapkan oleh sekolah.

“Kami selaku pengurus Gugus Ahmad Yani sangat berterima kasih dan merasa terbantu serta berharap kedepannya tidak hanya MIPA,” ucap Nono diamini Hj Esih SPd. (ali)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Sampai saat ini wabah virus covid-19 masih belum membaik, kasusnya pun semakin meningkat. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya...

Education

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 251 mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan diwisuda, Sabtu (26/10/2019) di kampus STKIPMK. Lulusan terbaik pada wisuda ke-7 tersebut diraih oleh Juju...

Education

KUNINGAN (MASS) – Usia yang masih tergolong muda bukanlah menjadi halangan untuk menjadi pimpinan sebuah perguruan tinggi. Nanan Abdul Manan MPd yang masih berusia...

Education

KUNINGAN (MASS) – Program Studi Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar Uji Tanding Matemtika (Utama), Rabu (16/10/2019) di kampus STKIPMK. Sebanyak 34 siswa SMA/SMK/MA se-Jabar...

Advertisement