Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Begini Cara Darma Meriahkan Ulang Tahun Desa dan HUT RI

KUNINGAN (MASS) – Desa Darma Kecamatan Darma, punya cara sendiri memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77, yang perayaanya berbarengan dengan ulang tahun desanya yang ke-578.

Dimana, kemeriahan itu dilakukan dengan berbagai perlombaan. Mulai dari lomba Mars Desa Darma, Marawis, Mini Soccer, Mini Soccer Putri, Turnamen Voli, dan Bulu Tangkis yang berlangsung pada tanggal 13-17 Agustus 2022.

Kepala Desa Darma, Yadi Juharyad, mengatakan bahwa Milangkala Desa Darma yang ke 578 ini, merupakan acara pertama kali di desanya.

Mantan Kasi Kadugede itu mengaku bangga, bisa menyelenggarakannya tahun ini.

“Tujuannya mengingat sejarah para pendiri dan pejuang desa. Dengan harapan, bersinerginya pembangunan agama dan pembangunan fisik, serta bersinerginya antara lembaga-lengaga yang ada di desa dengan para ulama,” ujar mantan Lurah Cigugur dan Citangtu tersebut.

Senada, Sekdes Amin Supriadi juga menjelaskan, Mars Desa Darma ini pun pertama kali ada di desanya. Mars, diciptakan liriknya oleh Kades Yadi, dan diaransemen musiknya oleh Oman Abdul Rahman.

“Dan sekarang dilombakan di tingkat desa yang diikuti oleh 5 dusun 6 peserta. Dari Dusun Gunung Luhur, Pakuwon, Ciook, Paleben, dan Kopeng ada 2 kelompok,” ujar Amin, Senin (15/8/2022) kemarin.

Pemenang dari kejuaraan itu, lanjut Sekdes Amin, dimenangkan oleh Dusun Pakuwon.

Selain lomba-lomba yang tadi sudah disebutkan, untuk 17 Agustus juga digelar beberapa agenda. Mulai dari pawai obor tahun baru islam, istighosah dan ziarah ke kades pertama yang dikenal sebagai Damar Wulan, serta penutupan Tabligh Akbar.

“Di hari 17 Agustus, ada upacara khusus Desa Darma, dan akan ada pesta rakyat di masing-masing blok,” sebut Amin. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Malang memang nasib Amir, warga Desa Bakom Kecamatan Darma ini. Pasalnya, pada Senin (2/1/2023) siang ini, motor yang dikendarainya, raib saat...

Headline

DARMA (MASS) – Desa Situsari Kecamatan Darma, bukan pertama kali diterjang angin puting beliung aeperti yang terjadi pada Jumat (11/11/2022) kemarin. Hal itu diutarakan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sebuah insiden angin puting beliung terjadi di Desa Situsari Kecamatan Darma, Jumat (11/11/2022) sore ini sekitar pukul 17.25 WIB. Akibat “diterjang”...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Lebih dari 3000 peserta terlibat dalam Gebyar Bakti Sosial yang digelar Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Darma Bhakti Kecamatan Darma....

Advertisement